Kesehatan

Selama Pandemi COVID-19, Bersepeda Malam Jadi Tren yang Digandrungi Warga Surabaya

Aisyah Isyana - 12/06/2020 01:11

Beritacenter.COM - Selama pandemi COVID-19, tren bersepeda malam seketika digandrungi warga Surabaya, Jawa Timur. Olahraga sepeda malam seketika diminati warga Kota Pahlawan untuk sekedar menghilangkan rasa jenuh dan penat selama selama berada dirumah.

"Menjadi tren baru, karena bersepeda cukup mudah. Jadi nggak perlu arena khusus, tinggal di jalan raya aja sudah bisa. Sedangkan olahraga lain, mungkin gym belum semua buka apa lagi renang. Jadi olah raga yang mudah salah satunya bersepeda," kata Dokter Psikolog di Surabaya, Reisqita Vadika, Kamis (11/6/2020).

Baca juga : Setuju Protokol COVID-19 di Malioboro Diperketat, Sultan HB X: Masyarakat Perlu Didik Agar Disiplin

Dokter yang karib disapa Qiqi ini menyebut olaharaga bersepeda menjadi tren, setelah warga yang awalnya tak berminta bersepeda melihat warga lainnya ramai bersepada. Alhasil, warga yang awalnya tak minat bersepeda seketika terinsporasi dan ikut bersepeda mengikuti tren.

"Jadi, orang-orang yang biasanya nggak minat bersepeda, melihat orang bersepeda kayaknya seru, akhirnya ikutan. Ketika dia sudah ikut mencoba minat itu mungkin berkembang menjadi kebiasaan baru, kalau memang dia suka bersepeda," ujarnya.

Qiqi menyebut kegiatan yang menjadi tren warga ini secara psikologis bisa jadi sebagai bentuk rasa stres yang kemudian disalurkan lewat olahraga. Dia menilai, rasa stres atau emosi negatif dapat dilepaskan dengan cara berolahraga.

"Seperti kecemasan dan panik bisa dituangkan dengan olahraga. Salah satunya dalam bentuk bersepeda," ucapnya.

Meski begitu, Qiqi menilai bersepeda sejatinya lebih baik dilakukan saat masih ada matahari. Pasalnya, tubuh akan mendapat suplai vitamin D langsung dari sinar matahari. Selain itu, sudah pasti tubuh juga akan lebih berkeringat ketimbang berolahraga di malam hari.

"Cuman, kalau merasa lebih nyaman di malam hari ya nggak papa," sambung dia.

Qiqi mengimbau masyarkat yang melakukan olahraga bersepeda agar tetap mengutamakan protokol kesehatan. Masyarakat diharapkan dapat senantiasa menjaga jarak dan kebersihan, guna mencegah penyebaran virus Corona.

"Kalau memang mau berolahraga salah satunya bersepeda menyambut transisi new normal, harapannya kita bisa bersepeda sambil menerapkan protokol, hidup bersih dan sehat. Supaya jangan sampai kita berusaha untuk sehat tapi malah membuka peluang untuk terpapar virus," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Surabaya Olahraga Tren Bersepeda Malam Tren Sepeda Malam di Surabaya

Berita Lainnya