Teknologi

Pihak Facebook Disalahkan Gara-gara Banyak Nomor WhatsApp Bocor di Google

Indah Pratiwi - 12/06/2020 09:01

Beritacenter.COM - Bocornya banyak nomor WhatsApp(WA) di Google membuat ratusan penggunanya terancam lantaran nomor pribadinya terbuka ke ruang publik. Hal ini dilaporkan oleh pihak peneliti keamanan Athul Jayaram kepada pihak pengembang aplikasi.

WhatsApp dan Google serta mesin pencari lainnya untuk tidak mendeteksi nomor ponsel WA siapapun. Alasannya, hal ini bisa membahayakan privasi pengguna. Meski sudah dihapus indeks halaman web terkait, namun kebocoran nomor tersebut sering terjadi sebelumnya.

Pihak Facebook melalui Wabetainfo telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah mengerjakan perbaikan. Bahkan sebelumnya, ahli IT bisa menemukan banyak nomor telepon WA para penggunanya di Google.

"Meskipun kami menghargai laporan peneliti ini dan menghargai waktu yang ia ambil untuk membagikannya kepada kami, itu tidak memenuhi syarat untuk mendapat hadiah karena hanya berisi indeks mesin pencari dari URL yang dipilih pengguna WhatsApp untuk dipublikasikan. Semua pengguna WhatsApp, termasuk bisnis, dapat memblokir pesan yang tidak diinginkan dengan ketukan tombol," kata juru bicara WhatsApp tentang masalah ini, seperti disitat dari Phone Arena.

Akibat kejadian itu, CEO Facebook sempat dipanggil ke kongres Amerika Serikat(AS) lantaran kesalahan privasi pengguna yang terbuka bisa menyebabkan hal yang sangat fatal bagi mereka.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya