Teknologi

Ternyata Ini Alasan BPPT Ungkap Soal Proyek Drone dan Pesawat R80 Yang Disetop

Indah Pratiwi - 12/06/2020 09:35

Beritacenter.COM - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ungkap proyek Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) atau Drone Elang Hitam yang didaftarkan ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pihak Deputi Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa BPPT, Wahyu Widodo Pandoe menyebutkan, saat ini pesawat Drone EH masih tahap penyempurnaan. Meski demikian, pesawat drone Medium Altitude Long Endurance (MALE) Elang Hitam diklaim bukanlah sebagai pengganti proyek pesawat R80 buatan almarhum BJ. Habibie.

BACA JUGA

"Betul (Drone EH masuk PSN). Drone EH masih dalam proses penyempurnaan. Tidak ada kaitan antara keluarnya R80 dari PSN dengan program MALE. Sudah diklarifikasi oleh Kemenko Perekonomian tentang hal ini dalam pertemuan video conference minggu lalu," kata Wahyu.

"Pesawat R80 bisa saja kembali masuk sebagai PSN ketika masalah pendanaan sudah teratasi," tambahnya.

Saat ini, pesawat Drone Elang Hitam merupakan proyek yang diajukan Kemenristek untuk masuk ke dalam daftar PSN, termasuk R80. Setiap program, tidak saling terkait satu dengan yang lain.

"Ini masing-masing sebenarnya independen. Jadi tidak ada kaitan," ujar Wahyu.

Pihaknya berharap, pesawat R80 dikembangkan dan diproduksi oleh Indonesia. Sebab, pesawat tersebut mampu menandingin yang dibuat oleh negara lain, seperti Korea dan China.

Akan tetapi, sayangnya proyek pesawat R80 mengalami hambatan di sektor pendanaan. Lantaran pesawat R80 tidak memiliki proposal yang bisa meyakinkan pemerintah atau swasta untuk memberikan dukungan dana sehingga pesawat tersebut terhapus dari PSN.

"Masalahnya sekarang di PSN harus ada progress dan targetnya di 2024 apa. Nah sepengetahuan saya, mungkin saya bisa salah juga, R80 ini memang kesulitan pendanaan," ujarnya.

"Kalau engineer siap, SDM, maupun fasilitas juga siap. Hanya ternyata bahwa R80 tidak ada progress sehingga mereka sebenarnya bukan dikeluarkan, tapi step aside. Jadi dia minggir dulu," ujar Wahyu.

 

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya