News

Pesan Wapres Ma'ruf di Halalbihalal MUI: Tugas Kita Jaga Umat dari COVID-19

Banyak tugas yang kita hadapi ke depan. Salah satu tugas yang harus kita lakukan adalah menjaga umat supaya mereka tidak terpapar COVID-19. Apalagi kita sedang dalam masa transisi normal baru (new normal)

Aisyah Isyana - 13/06/2020 02:23

Beritacenter.COM - Dalam acara Halalbihalal Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Indonesia, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyinggung soal peran ulama ditengah pandemi COVID-19. Seluruh ulama, jelas Ma'ruf, memegang peranan untuk menjaga umat agar tidak terpapar COVID-19.

"Banyak tugas yang kita hadapi ke depan. Salah satu tugas yang harus kita lakukan adalah menjaga umat supaya mereka tidak terpapar COVID-19. Apalagi kita sedang dalam masa transisi normal baru (new normal)," kata Ma'ruf seperti disiarkan akun YouTube Official TVMUI, Jumat (12/6/2020).

Baca juga : 

Wapres Ma'ruf mengatakan, pemerintah awalnya berfokus menanggulangi COVID-19. Namun, pandemi COVID-19 ternyata juga berdampak pada kondisi ekonomi.

"Kemarin kita fokus menanggulangi COVID-19, Corona. Kita berpedoman pada kaidah mengabaikan marabahaya yang kecil untuk menangkal bahaya yang besar. Bahaya yang besar itu COVID, bahaya yang kecil itu ekonomi," ujarnya.

"Saat itu masih mendahulukan bahaya yang besar, tinggi, dan membelakangkan masalah yang kecil. Tapi yang sekarang tidak lagi kecil, tapi besar," sambungnya.

Tak hanya Indonesia, Ma'ruf menyebut negara lain juga tengah berupaya menanggulangi pandemi Corona serta dampaknya terhadap perekenomian. Untuk itu, dia meminta para ulama untuk berperan aktif memberi pemahaman soal protokol kesehatan COVID-19.

"Perlu kita, seluruh pimpinan MUI di seluruh Indonesia, perlu memberi pemahaman-pemahaman tentang pentingnya protokol kesehatan, jaga jarak, physical distancing, lakukan tes masif, dan jangan sampai ada mengambil jenazah COVID. Ini perlu adanya memberi sosialisasi kepada masyarakat. Ini tugas kita sekarang," ujar dia.

TAG TERKAIT :
MUI Corona Virus Ma'ruf Amin Wapres Ma'ruf Amin Pandemi COVID-19

Berita Lainnya