News

IDI soal Pembukaan Mal di Jakarta Senin Besok : Corona Belum Landai, Evaluasi Harus Ketat!

Aisyah Isyana - 14/06/2020 10:40

Beritacenter.COM - Keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membuka sejumlah pusat perbelanjaan hingga mal Senin (15/6) mendatang, mendapat tanggapan dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Berdasarkan pertimbangan medis, IDI menilai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia terutama Jakarta, masih belum landai.

"Kalau pertimbangan dari sisi medis bisa dibaca kan setiap hari Indonesia masih tambahnya seribu-seribu lebih, jadi memang intinya masih banyak, tandanya masih banyak, belum ada cerita melandai atau berkurang," kata Ketua Dewan Pertimbangan IDI Zubairi Djoerban, Sabtu (13/6/2020).

Baca juga :

Dalam hal ini, Zubairi mengaku memahami bahwa alasan Pemprov DKI melonggarkan tempat perbelanjaan atau mal, guna meningkatkan perekonomian di Jakarta. Namun, dia meminta agar evaluasi ketat juga dilakukan setiap harinya. Dengan begitu, jika dinilai malah membuat kondisi Corona semakin memburuk, maka keputusan itu harus segera dicabut lagi.

"Atas nama ekonomi ambruk mereka pada melonggarkan, jadi jawabannya kalau begitu biasanya nggak bisa dibatalkan, pada prinsipnya monitor harus harian, evaluasi harus setiap hari harus ketat, dan kalau angka meninggal, bukan hanya positif, dan angka meninggal makin banyak dan tidak menurun ya (kebijakan buka mal) dicabut," ucapnya.

Zubairi juga turut menyoroti adanya penambahan kasus COVID-19 yang mencapai angka 1.004 pada Sabtu (13/6). Dia menyarankan agar pimpinan daerah dapat memikirkan cara bagiamana meningkatkan ekonomi, namun rakyat tak menjadi korban COVID-19.

"Intinya harus hati hati, dan pada prinsipnya sih nggak boleh malu kalau mencabut new normal atau pelonggaran itu, negara lain cabut juga nggak masalah, intinya eknomi nggak boleh ambruk tapi rakyat nggak boleh dikorbankan," ujarnya.

Sekedar diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengumumkan perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan masa transisi. Selain itu, kegiatan sosial-ekonomi di pusat-pusat perbelanjaan juga akan kembali dibuka Senin (15/6) dengan kapasitas 50 persen.

TAG TERKAIT :
Pemprov DKI Jakarta IDI Corona Virus Pandemi COVID-19 PSBB Transisi

Berita Lainnya