Internasional

Trump Nyatakan Putus Hubungan, WHO : AS Masih Menjadi Negara Anggota!

Aisyah Isyana - 16/06/2020 12:45

Beritacenter.COM - WHO atau organisasi kesehatan dunia memastikan jika Amerika Serikat (AS) masih menjadi negara anggota WHO. Hal itu disampaikan WHO, setelah sebelumnya Presiden AS, Donald Trump, mengumumkan pemutusan hubungan dengan WHO.

"Iya, Amerika Serikat masih menjadi anggota -- negara anggota -- dari Organisasi Kesehatan Dunia," ungkap Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, saat ditanya soal hubungan antara WHO dan AS, dalam media briefing di Jenewa, Swiss, Senin (15/6), seperti dilansir CNN, Selasa (16/6/2020).

Baca juga : 

Tedros menegaskan hal itu setelah sebelumnya Presiden Trump mengumumkan pemutusan hubungan antara AS dan WHO pada akhir Mei lalu. Dimana kala itu Trump menyebut WHO telah gagal dalam melalukan tindakan untuk memutus penyebaran awal virus COVID-19.

"Karena mereka gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan, kita hari ini akan mengakhiri hubungan kita dengan Organisasi Kesehatan Dunia," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih pada 29 Mei lalu.

Trump juga menyebut AS akan mengalihkan dana yang sebelumnya dialokasikan untuk WHO, ke lembaga-lembaga lainnya di seluruh dunia yanbg dinilai lebih membutuhkan bantuan kesehatan masyarakat. Pemutusan hubungan itu disuarakan Trump setelah menuduh WHO menjadi boneka China, dan menyatakan akan membekukan dana ke WHO secara permanen, jika WHO tidak melakukan perbaikan besar terkait Pandemi COVID-19.

AS sendiri diketahui sebagai negara yang memberikan dukungan finasial terbesar ke WHO. Trump menyebut jika AS telah berkontribus sekitar US$ 450 juta ke WHO, sementara China hanya memberikan sekitar US$ 40 juta saja.

Sementara itu, Tedros menyatakan jika hubungan WHO dengan AS bukan hanya soal uang, namun lebih kepada 'bekerja bersama' dalam upaya-upaya meningkatkan kesehatan publik.

TAG TERKAIT :
Donald trump WHO Virus Corona Covid-19 Pandemi COVID-19 AS Putus Hubungan dengan WHO

Berita Lainnya