Kesehatan

Waduh, AS Mendadak Hentikan Obat Ini Untuk Pasien COVID-19

Indah Pratiwi - 16/06/2020 18:32

Beritacenter.COM - Otoritas pengawas obat dan makanan Amerika Serikat(AS) resmi menghentikan penggunaan obat hyroxchloroquine dan chloroquine untuk pasien corona(COVID-19).

Melansir situs Badan Pengawas Obat dan Makanan AS(FDA), pihaknya telah mencabut kedua obat tersebut lantaran pasien yang mengkonsumsi obat tersebut mengalami gagal jantung. Berdasarkan laporan terbaru, dalam uji klinis masal, terlihat mereka mengalami gangguan kesehatan setelah mengkonsumsi kedua obat itu.

"Sementara uji coba klinis masih terus berlangsung untuk mengevaluasi potensi keunggulan obat-obatan ini dalam pencegahan Covid-19, kami menyatakan izin pakai daruratnya sudah tidak layak diberikan. Keputusan ini diambil melalui pemantauan ketat oleh para ilmuwan di Pusat Riset dan Evaluasi Obat," kata Patrizia Cavazzoni, pejabat pelaksana direktur pusat evaluasi obat FDA dalam situs resminya.

Meski demikian, obat tersebut masih bisa dibeli di AS dengan syarat harus menggunakan resep dokter untuk pasien yang menderita imunitas malaria dan lupus.

Di Indonesia sendiri kabarnya kedua jenis obat tersebut sudah masuk ke dalam daftar yang diresepkan pada pasien COVID-19.

Melansir FK Unair, hydroxychloroquine diklaim masuk dalam dua dari lima kombinasi obat "paling efektif melawan virus corona".

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya