Kriminal

Sebar Hoaks Kebocoran Data Internal Polisi, Polri Buru Pemilik Akun @secgron

Baharuddin Kamal - 17/06/2020 01:59
Karopenmas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono.
FOKUS : Polisi

Beritacenter.COM - Jajaran anggota kepolisian tengah memburu pemilik akun twitter @secgron yang diketahui telah menyebar berita Hoaks (berita bohong) terkait kebocoran data internal anggota kepolisian.

"Saat ini Dittipidsiber masih melakukan pendalaman dan melakukan penyelidikan terhadap pelaku serta motif dari penyebar hoaks database anggota Polri tersebut," jelas Karopenmas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono, Selasa (16/6/2020).

Awi menegaskan bahwa tidak ada kebocoran data internal anggota kepolisian. Dia mengatakan, kabar yang beredar di media sosial terkait kebocoran data Polri itu semua Hoaks.

"Terkait screenshot database anggota Polri yang tersebar di media sosial, perlu kami sampaikan bahwa hal tersebut merupakan kebohongan atau hoaks yang tidak terbukti," tegasnya.

Awi mengatakan, variabel keanggotaan yang ditampilkan pemilik akun @secgron berbeda dengan yang digunakan SSDM Polri.

"Polri sudah memastikan bahwa tidak ada pembobolan data SIPP (sistem informasi personel Polri) karena variabel screenshot yang beredar di media sosial tidak sama dengan yang digunakan oleh SSDM Polri saat ini," Awi menandasi.

Sebelumnya diketahui, akun @secgron secara terang menyebut nama akun @DivHumas_Polri. Dia memberi peringatan bahwa data base dimiliki Polri telah diretasnya.

“Halo @DivHumas_Polri saatnya berbenah. Seseorang mengklaim sudah berhasil membobol data seluruh anggota Polri. Orang ini kemudian dengan mudahnya bisa mengakses, mencari dan mengganti data anggota Polri tersebut. Contohnya ini, baru mutasi ke Densus 88 eh datanya udah bocor,” cuit akun tersebut, Senin 15 Juni 2020.

TAG TERKAIT :
POLRI Berita Kriminal Indonesia Berita Center Hoaks Hoaks Data Polri Diretas

Berita Lainnya