Kesehatan

WHO Beri Anjuran Berikan Obat Ini Pada Pasien COVID-19 Yang Kritis

Indah Pratiwi - 17/06/2020 16:53

Beritacenter.COM - Organisasi Kesehatan Dunia(WHO) memberikan rekomendasi untuk menyalurkan obat dexamethasone, kortikosteroid yang bisa menyelmatkan nyawa pasien COVID-19 yang berada dalam kondisi kritis.

Dilansir laman WHO, pasien yang menggunakan ventilator, pengobatan terbukti mengurangi risiko kematian pada pasiennya. Selain itu, pasien yang menggunakan oksigen menjadi tambahan asupan yang bisa menyelamatkan pasien COVID-19.

"Ini adalah berita bagus dan saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Inggris, Universitas Oxford, dan banyak rumah sakit dan pasien di Inggris yang telah berkontribusi pada terobosan ilmiah yang menyelamatkan jiwa ini," kata Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.

WHO menegaskan, manfaat obat tersebut dinilai terjangkau jika hanya terlihat pada pasien parah penderita COVID-19. Namun, sayangnya hasil studi belum teramati pada pasien yang ringan penderita COVID-19.

“Ini adalah pengobatan pertama yang ditunjukkan untuk mengurangi angka kematian pada pasien dengan COVID-19 yang membutuhkan dukungan oksigen atau ventilator,” lanjutnya.

Obat dexamethasone merupakan obat golongan steroid yang digunakan untuk peradangandalam segala kondisi. Namun, obat tersebut dinilai ampuh bisa mengatasi penyakit peradangan dan jenis kanker tertentu.

Obat tersebut masuk ke dalam daftar model obat esensial WHO sejak 1977 dengan berbagai macam formulasi dan memiliki hak paten. Oleh itu tidak heran deksametason banyak tersedia dengan harga terjangkau di sejumlah negara-negara.

WHO saat ini masih berkordinasi mengenai informasi untuk meningkatkan pemahaman secara keseluruhan tentang intervensi ini. WHO sendiri memliliki panduan bagaimana dan kapan obat itu harus digunakan pada pasien COVID-19.

 

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya