Internasional

Tentara India Bentrok Dengan Tentara China di Lembah Galwan

Indah Pratiwi - 17/06/2020 17:12

Beritacenter.COM - Bentrokan tak terhindarkan antara tentara Angkatan Darat India(BBS) dengan Tentara Pembebasan Rakyat China(PLA) di perbatasan lembah Galwan pada Senin(15/6/2020) malam.

Jubir Bicara PLA Zhang Shuili menyebutkan, bentrokan itu terjadi di lembah Galwan yang terjadi lantaran kedua tentara memprovokasi saat berjaga di wilayah perbatasan. Akibat bentrokan itu membuat jatuh korban di kedua pihak.

Baca Juga: Korut-Korsel Mendadak Panas, Kim Jong Un Perintahkan Militer Bersiap Tempur

India dan China sama-sama bersikeras untuk mempertahankan wilayah lembah Galwan. Sebab kedua negara saling mengklaim wilayah itu adalah bagian dari negara mereka.

"Wilayah Lembah Galwan selalu menjadi wilayah Cina dan pasukan perbatasan India telah secara serius melanggar perjanjian tentang masalah perbatasan antara kedua negara," kata Juru bicara pasukan PLA, Zhang Shuili dikutip VIVA Militer dari CGTN News, Rabu(17/6/2020).

Padahal, sebelumnya konflik perbatasan antar dua negara di sekitar Laut China Selatan itu sempat reda setelah ada pertemuan diplomasi antara para petinggi militer dua negara di awal bulan Juni.

Baca Juga: Korut-Korsel Perang! Kantor Penghubung antar Kedua Negara Diledakkan

Akan tetapi perjanjian Lembah Galwan dekat Line of Control Actual (Garis Kontrol Aktual) India justru berakhir buntu tidak ada solusi. Akhirnya, kedua negara mengirim pasukan dan alutsistanya ke garis perbatasan untuk memperkuat klaim batas wilayah negara masing-masing.

"Tindakan provokatif telah merusak hubungan kedua militer dan perasaan orang-orang dari kedua negara," kata Zhang Shuili.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya