Internasional

Nah Lho, Kim Jong Un Tinggalkan Ibu Kota Pyongyang Usai Ancam Perang Dengan Korsel

Indah Pratiwi - 18/06/2020 14:16

Beritacenter.COM - Sebuah pesawat pribadi Air Koryo milik Kim Jong-un diidentifikasi keluar dari ibu kota Pyongyang. Hal ini terlihat berdasarkan radar dari Flightradar24 berbasis di Swedia yang memperihatkan pergerakan pesawat Kim Jong Un.

Kim Jong-un tampak terlihat mulai meninggalkan Pyongyang setelah hubungan Korut dan Korsel diambang perang. Berdasarkan laporan Yonha media dari Seoul menyebutkan, Kim diduga menuju Sinpo Shipyard yang merupakan tempat rahasia membangun senjata, termasuk rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) jarak jauh dan mampu meluncurkan rudal antar benua.

BACA JUGA

Ada kapal selam dibangun disana. Pemimpin Korea Utara telah lama menahan diri tidak mengeluarkan pernyataan publik saat adik perempuannya bernama Kim Yo-jong mengumbar ancaman kepada Korea Selatan(Korsel).

Sang adik tersebut diduga memiliki kekuatan militer yang bisa menghancurkan Korsel kapanpun. Kom Yo Jong berasalan, Seoul tidak bertindak menghentikan para pembelot Korut yang berada di Korea Selatan.

Saat ini Korut memutus seluruh jalur komunikasi dengan Korea Selatan dan menyatakan Seoul sebagai musuh. Militer Korut sendiri berhasil meledakkan kantor penghubung dua Korea yang berada di Kaesong pada hari Selasa(16/6/2020) kemarin.

Selain itu, Korea Selatan(Korsel) juga memberikan ancaman agar Pyongyang wajib membayar mahal jika nekat menyerang Seoul dengan kekuatan militernya.

"Pasukan kami menyatakan keprihatinan mendalam bahwa Staf Umum Korea Utara memublikasikan berbagai jenis rencana militer yang bertentangan dengan perjanjian intra-Korea, Deklarasi Panmunjom dan perjanjian militer 19 September 2018," kata Kepala Staf Gabungan Korsel.

"Tindakan semacam itu membatalkan semua hasil bersama-sama tercapai selama lebih dari 20 tahun dan upaya di bidang kemajuan hubungan intra-Korea dan pelestarian perdamaian di Semenanjung Korea. Jika pihak Korut melanjutkan ke tindakan nyata, mereka pasti akan membayar harga yang sesuai," lanjutnya, kemarin.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya