Internasional

Rudal Jelajah Baru Iran Bikin AS Makin Jengkel

Indah Pratiwi - 18/06/2020 18:01

Beritacenter.COM - Militer Iran kembali meluncurkan rudal jelajah baru buatan sendiri dalam latihan perang di Samudra Hindia utara dan di dekat pintu masuk ke Teluk Persia. Uji rudal baru ini dilakukan pada Kamis(18/6/2020).

Pengujian rudal baru Iran ini membuat Amerika Serikat (AS) berusaha mendesak PBB untuk perpanjang embargo senjata terhadap Teheran. Embargo senjata kabarnya akan berakhir pada Oktober 2020 mendatang di bawah kesepakatan nuklir 2015 antara Teheran dengan negara-negara kekuatan dunia.

BACA JUGA

Akan tetapi, pihak Washington telah menarik diri dari kesepakatan pakta nuklir ketika Presiden Donald Trump terpilih menjadi Presiden AS.

"Selama latihan, misil jarak dekat dan jarak jauh pantai-ke-laut dan laut-ke-laut berhasil ditembakkan dari pantai dan dari geladak kapal, menghantam target mereka dengan sangat presisi," tulis kantor berita Tasnim.

Berdasarkan laporan, rudal generasi baru ini memiliki jarak jangkauan hingga 280 km (175 mil) saat selama diuji latihan perang oleh Angkatan Laut Iran di Teluk Oman di kawasan Selat Hormuz, Teluk Persia, dan Samudra Hindia utara.

Namun sebelumnya, pada bulan April 2020, milliter Iran mengklaim telah meningkatkan jangkauan rudal Angkatan Laut-nya hingga mencapai jarak jauh 700 km.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya