Kriminal

Polisi Ringkus Komplotan Pelaku Pengganjal Uang ATM di Jakarta

Dewi Sari - 19/06/2020 18:40
ilustrasi

Beritacenter.COM - Satreskrim Polda Metro Jaya menangkap tiga komplotan sindikat pencurian pengganjal mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Para pelaku melakukan aksinya di 30 titik di Jakarta dan sekitarnya.

"Ada 30 (lokasi beraksi) berdasar hasil pemeriksaan yang kami lakukan ke pelaku ini ada 3 orang," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana di Mapolda Metro Jaya, Jumat 19 Juni 2020.

Para pelaku melakukan modusnya dengan cara yang sama pada umumnya. Mereka mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi untuk menahan kartu ATM korbannya.

Kemudian, pelaku seolah mengantre di belakang korban yang hendak mengambil uang dengan pura-pura juga mau ambil uang. Ketika korban tidak bisa mengambil kartunya, pelaku lantas pura-pura menolong.

"Pelaku kerap menyuruh korban untuk masukan kembali nomor pin ATM korban dengan tujuan pelaku menghafal pin ATM korban," ujarnya

Setelah kartu ATM tak kunjung berhasil diambil, pelaku lantas menyuruh korban pergi ke bank untuk memblokir kartu ATM miliknya. Ketika korban pergi, lantas pelaku langsung melakukan aksinya dengan alat khusus bisa mengeluarkan kartu ATM.

Ketika kartu ATM diambil, pelaku langsung mengambil isi kartu ATM korban tanpa menyisahkan sepeser uang.

Atas perbuatanya, ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara di atas lima tahun.

TAG TERKAIT :
Polda Metro Jaya Berita Kriminal Indonesia Berita Center Kasus kriminal Pengganjal mesin ATM

Berita Lainnya