Internasional

India Sewot Usai Tahu Tentarannya Ditahan China Pasca Bentrok

Indah Pratiwi - 19/06/2020 20:23

Beritacenter.COM - Pemerintah China membantah menahan pasukan India dalam bentrokan fatal militer kedua di sebuah lembah. Hal ini ditanggapi atas laporan media yang menyatakan 10 tentara India telah dibebaskan oleh Beijing.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menyebutkan, China tidak menangkap tentara India. China membantah menahan pasukan India. "Benar dan salah sangat jelas dan tanggung jawab sepenuhnya berada di pihak India".

BACA JUGA

"Kami berharap India dapat bekerja sama dengan China untuk mempertahankan pengembangan jangka panjang hubungan bilateral," tambahnya seperti dikutip dari BBC, Jumat (19/6/2020).

Sebelumnya, beredar kabar China membebaskan 10 personel tentara India pasca bentrokan. Para tentara India dikabarkan sempat hilang pasca bentrok mematikan di Lembah Galwan pada Senin(15/6/2020).

Berdasarkan laporan dari sumber pemerintah New Delhi mengungkap bahwa para prajurit dan empat perwira telah dibebaskan oleh militer Beijing.

Editor senior di India Today, Shiv Aroor mentweet yang mengabarkan rincian pembebasan tentara India. Ada 20 tentara India tewas dalam bentrokan di lembah dengan tangan kosong tanpa senjata api. Selain itu setidaknya 76 tentara India terluka akibat bentrokan tersebut.

Selain itu, kedua negara pun saling menuduh telah melintasi perbatasan yang dilewati dengan buruk dan memprovokasi pertempuran.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya