Kesehatan

Begini Cara Mudah Tips Agar Tidak Bau Mulut

Indah Pratiwi - 20/06/2020 15:10

Beritacenter.COM - Bau mulut dapat menimbulkan masalah untuk lawan bicara. Namun terkadang orang tidak menyadari jika memiliki bau mulut yang tentunya akan membuat orang lain tidak nyaman.

Menurut seorang Dokter Gigi Catherine Swasti Ambarini menyebutkan, bau mulut atau dalam medis halitosis adalah bau meyengat yang berasal dari rongga mulut. Selain menggunakan obat kumur maka bisa mengurangi bau mulut.

Akan tapi, bila faktor bau mulut itu tidak ditanggulangi, maka akan dinilai percuma saja fungsi obat kumur tersebut.

"Terdapat beberapa faktor penyebab bau mulut, di antaranya makanan yang beraroma menyengat seperti bawang, durian, jengkol, petai, tingkat kebersihan rongga mulut atau oral hygiene yang buruk, serta kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol," ujar Catherine yang dilansir SINDOnews, Sabtu (20/06/2020)

Bukan itu saja, gangguan kesehatan tubuh juga menimbulkan bau mulut. Seperti misalnya diabetes mellitus, gangguan pencernaan, penyakit ginjal, radang tenggorokan dan pneumonia.

"Dalam rongga mulut kita terdapat banyak bakteri atau yang disebut juga flora normal rongga mulut. Jika kebersihan rongga mulut (oral hygiene) buruk, maka bakteri-bakteri yang ada di dalam rongga mulut akan mengubah sisa-sisa makanan menjadi asam," kata dara manis yang juga Presenter stasiun televisi swasta.

"Ini mempengaruhi jumlah bakteri dalam rongga mulut meningkat dan menimbulkan berbagai masalah dalam rongga mulut seperti gigi berlubang, penumpukan karang gigi hingga gusi berdarah yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut," tambahnya.

"Itulah sebabnya orang yang menderita penyakit seperti diabetes mellitus, ginjal, gangguan pencernaan mengalami masalah bau mulut. Oleh karena itu, untuk pasien dengan penyakit tersebut sebelum ke dokter gigi, dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam, supaya bau mulut dapat ditanggulangi," terangnya.

Berita Lainnya