Kesehatan

Jangan Dibuang, 7 Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan

Dewi Sari - 20/06/2020 19:00

Beritacenter.COM - Semangka merupakan buah yang banyak digemari oleh kalangan anak - anak hingga orang dewasa. Biasanya buah ini hanya dikonsumsi dagingnya saja sedangkan kulit dan bijinya dibuang.

Tapi tahukah anda kulit semangka memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya terdaapat vitamin B dan C.

Kulit semangka juga mengandung citrulline dosis tinggi, senyawa yang terkait dengan berbagai manfaat. Terutama, citrulline dapat berubah menjadi arginin yang sangat penting bagi jantung dan meningkatkan sirkulasi menurut Texas A&M's Fruit and Vegetable Improvement Center.

Semangka adalah varian buah melon yang 92% bagiannya mengandung air. Buah semangka secara umum memiliki kandungan jumlah vitamin A dan C, potasium, magnesium, dan nutrisi penting lainnya yang menyehatkan.

Berikut manfaat kulit semangka yang jarang orang ketahui untuk kesehatan tubuh kita.

1. Baik Bagi Kesehatan Kulit

Manfaat kulit semangka yang pertama adalah baik bagi kesehatan kulit. Kulit semangka mengandung likopen, flavonoid, dan antioksidan yang diketahui dapat menurunkan efek radikal bebas dan stres oksidatif. Ini dapat meminimalkan munculnya noda, keriput dan bintik-bintik usia yang muncul seiring bertambahnya usia.

2. Bantu Pertahankan Tekanan Darah

Manfaat kulit semangka yang kedua adalah bantu mempertahankan tekanan darah. Kulit buah semangka mengandung kadar kalium tinggi yang bertindak sebagai vasodilator dengan menurunkan stres dan tekanan pada arteri dan pembuluh darah. Ini mengurangi kemungkinan aterosklerosis, stroke, serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

3. Bantu Perkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat kulit semangka yang ketiga adalah untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dalam hitungan 1 cangkir kulit semangka menawarkan lebih dari 30% kebutuhan harian untuk Vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C merangsang produksi sel darah putih yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi dan patogen asing.

4. Bantu Turukan Berat Badan

Manfaat kulit semangka yang ke empat adalah untuk membantu menurunkan berat badan berlebih. Kulit semangka adalah camilan rendah kalori yang dapat mendukung penurunan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Ia membuat seseorang merasa kenyang dengan merangsang metabolisme dan meningkatkan kapasitas pembakaran lemak untuk mengurangi beberapa kilo berat tubuh.

5. Jaga Kehamilan Tetap Sehat

Manfaat kulit semangka yang kelima adalah untuk membantu menjaga agar kehamilan tetap sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit buah semangka memiliki kandungan gula alami yang dapat membantu meminimalkan gejala mual di pagi hari dan pembengkakan terkait dengan kehamilan karena memiliki kandungan kalium yang tinggi.

6. Bantu Tingkatkan Libido

Manfaat kulit semangka yang ke enam adalah untuk membantu meningkatkan libido. Kulit semangka dikaitkan dengan kemajuan kinerja seksual yang memiliki efek pada penyempitan pembuluh darah dengan memungkinkan aliran darah yang lebih baik ke daerah intim. Ini mempromosikan kinerja seksual dan libido dengan pasangan.

7. Bantu Cegah Penyakit Kronis

Manfaat kulit semangka yang ketujuh adalah untuk membantu mencegah penyakit kronis. Kulit buah semangka diketahui memiliki kandungan likopen dan citrulline yang mendukung dalam menetralkan radikal bebas sebelum mereka menyebabkan mutasi sel dan menyebabkan penyakit kronis.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Berita kesehatan Kulit Semangka

Berita Lainnya