News

Siap-siap Penggunaan Kantong Plastik Akan Dilarang Keras

Indah Pratiwi - 30/06/2020 16:44

Beritacenter.COM - Pemerintah Propinsi DKI Jakarta melarang keras kantong plastik sekali pakai di seluruh area pasar. Keputusan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) 142/2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

"Sesuai ketentuan menurutnya per awal Juli mendatang pelarangan kantong sekali pakai ini akan dilakukan di seluruh area jual beli di pasar," kata Direktur Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin di Jakarta, Selasa, 30 Juni 2020.

Nantinya pada 1 Juli 2020 para pimpinan atau kepala pasar agar mengawasi aktivitas pelarangan kantong plastik sekali pakai di area pasarnya masing-masing. "Karena memang sudah jauh hari kita lakukan sosialisasi” ujarnya.

Langkah ini sebagai wujud nyata Perumda Pasar Jaya agar setiap hari pasar tradisional menghasilkan 600 ton sampah bukan dari plastik sekali pakai dan jika pelarangan kantong sekali pakai ini dilaksanakan maka akan sangat signifikan mengurangi sampah DKI Jakarta.

"Diharapkan para pengunjung dan pedagang pasar sudah siap dalam pelaksanaan larangan plastik di awal Juli mendatang," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya