Teknologi

Pembobol Data Denny Siregar Ditangkap Polisi, Ini Kata Telkomsel soal Kebocoran Data

Aisyah Isyana - 10/07/2020 18:58

Beritacenter.COM - Pihak kepolisian telah menangkap pelaku pembocoran data pribadi pegiat media sosial, Denny Siregar. Dalam kasus ini, Telkomsel bercerita proses investigasi kasus tersebut. Pelaku berinisial FPH (27), merupakan karyawan outsourcing Telkomsel di Surabaya, Jawa Timur.

Penangkapan terhadap FPH dilakukan polisi pada 9 Juli 2020, setelah mendapat laporan dari Telkomsel. Penangkapan terhadap FPH dilakukan didaerah Rungkut, Surabaya. Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel, Andi Agus Akbar, menyebut pihaknya melakukan investigasi internal. Telkomsel mendapati adanya akses data tanpa izin.

Baca juga : Mendagri soal Pilkada 2020: Tak Boleh Ada Konvoi, Kampanye Dibatasi 50 Orang

"Jadi setelah ada ramai-ramai, dari Telkomsel mengadakan investigasi, kenapa ini terjadi. Kita mengenali ada akses tanpa hak dari searching di Grapari Rumpung," kata Andi Agus, Jumat (10/7/2020).

Dari temuan itu, Telkomsel langsung membuat laporan ke pihak kepolisian. "Untuk itu pada tanggal 8 kami membuat laporan ke Mabes Polri untuk ditindaklanjuti sesuai perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Atas terjadinya kasus ini, Telkomsel menghaturkan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang menimpa konsumen Denny Siregar. Telkomsel menyebut kejadian ini sebagai pelajaran untuk perbaikan keamanan data pelanggan kedepannya.

"Ini pelajaran bagi kami untuk ke depannya akan kita akan perbaiki terus, tingkatkan terus keamanan untuk menjaga keamanan data pelanggan kami," pungkasnya.

Sementara itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiono menyebut tersangka merupakan karyawan outsourcing di GraPARI Telkomsel Rungkut Surabaya. Dimana pelaku yang memiliki akses, telah membuka data pribadi pelanggan tanpa izin.

"Jadi didapatlah bahwa si tersangka dengan tidak melalui otorisasi, artinya yang bisa melakukan akses terhadap data-data tersebut adalah pelanggan itu sendiri atau permintaan dari atasan. Jadi tanpa ada otorisasi. Jadi melakukan pembukaan file atas nama DS," kata Awi.

Selanjutnya, tersangka membuka data pribadi Denny Siregar dan mengambil foto data itu untuk dikirim ke akun Twitter @opposite6890. Barulah kemudian data itu diposting di Twitter dan viral mendapat tanggapan warganet.

TAG TERKAIT :
Surabaya Denny siregar Telkomsel Data Denny Siregar Bocor

Berita Lainnya