Nasional

Pengamat: Kebijakan Ekspor Benih Lobster Solusi Konkret

Lukman Salasi - 10/07/2020 20:56
FOKUS : KKP

BeritaCenter.COM – Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) era Edhy Prabowo yang membolehkan ekspor benih lobster dinilai sebagai solusi konkret.

Pasalnya, aturan atau kebijakan era menteri sebelum Edhy Prabowo yang melarang ekspor benih lobster mengakibatkan belasan ribu nelayan Lobster kehilangan mata pencaharian.

Larangan tersebut juga berdampak pada banyaknya ekspor benih lobster secara ilegal. Budidaya benur pun tidak jelas sehingga keberadaannya tidak bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat yang menggantungkan hidupnya dari benur.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Ekonomika Institut, Riyanda Barmawi, beberapa waktu yang lalu.

“Karenanya kebijakan KKP Edhy sebagai solusi konkret untuk keluar dari kondisi paradoks itu. Lantas mengapa demikian? Pertama, kebijakan izin ekspor benih Lobster mengutamakan aspek budidaya,” kata Riyanda.

Inilah syarat penting bagi perusahaan pengekspor serta diwajibkan untuk melakukan restocking ke alam sebesar dua persen dari hasil panen. Pemantauan dan evaluasi terus dilakukan secara berkala, demi meminimalisir hal-hal yang tidak dinginkan bersama.

Kedua, kata Riyanda, potensi hidupnya ekonomi rakyat. Bagi nelayan Lobster yang sebelumnya tercekik oleh kebijakan pelarangan dan/atau pengeluaran Lobster sudah bisa melakukannya secara legal demi mengais rejeki lewat sektor tersebut.

“Pihak lain seperti kelompok yang bergerak dalam komoditas kerang akan ikut kebagian dari kebijakan ini. Karena salah satu pakan terbaik bagi budidaya Lobster adalah kerang hijau. Artinya ini berpotensi membuka lapangan pekerjaan dalam jumlah besar,” ujarnya.

Ketiga, menurut Riyanda, letak geografis Indonesia yang sangat strategis, diapit dua Samudera dan dua Benua, berpotensi menjadi sumber benih Lobster terbanyak di dunia. Ini merupakan momentum yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan memperbaiki pengembangan budidaya Lobster.

“Keempat, dengan melegalisasi ekspor benih Lobster akan mencegah terjadinya penyelundupan benih lobster yang notabene itu praktik ilegal. Maka dalam kontek ini bisa dikatakan bahwa pihak-pihak yang menolak izin ekspor benih Lobster sama halnya mendukung kejahatan: penyelundupan Lobster,” pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center KKP Kebijakan KKP Kebijakan Ekspor Benih Lobster Solusi Konkret

Berita Lainnya