Nasional

Soal Kebijakan Ekspor Benur, KKP: Demi Perekonomian Nelayan Kecil, Budidaya Juga Lanjut

Lukman Salasi - 11/07/2020 13:01
FOKUS : KKP

BeritaCenter.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan bahwa kebijakan yang membolehkan ekspor benih lobster murni demi membantu perekonomian ribuan nelayan yang menggantungnya hidupnya dari benur.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 Tahun 2020 merevisi aturan larangan ekspor benih lobster di era Susi.

KKP menjelaskan, dengan kebijakan ekspor benur tersebut tidak serta merta meniadakan usaha budidaya lobster. Tapi bagaimana keduanya berjalan saling memberikan manfaat.

“Bahwa untuk mendorong perekonomian nelayan kecil yang bergantung hidupnya dari BBL tidak serta merta menghilangkan atau meniadakan usaha budidaya lobster. Kami ingin semuanya bisa berjalan beriringan, oleh sebab itu ada kebijakan/pengaturan,” sebut dalam rilis resmi KKP yang kami kutip, Sabtu (11/7/2020).

“Kita juga perlu melihat kapasitas budidaya kita, kita juga sama-sama mendorong bagaimana usaha budidaya lobster ini bisa lebih produktif, sehingga memberikan keuntungan yang lebih untuk mereka,” lanjutnya.

KKP juga berkomitmen untuk memberikan bantuan sebagian sarana budidaya sebagai pemicu. Saat ini KKP tengah melakukan perbaikan SOP budidaya yang dikaji dibanyak satker litbang dan perekayasaan. Menurutnya, intensifikasi teknologi perlu digalakkan, peningkatan kualitas ekspor serta perluasan pasar akhir juga perlu akan didorong.

“Jadi seluruh pihak dapat mengambil manfaat dari sumber daya yang ada. Pemerintah hadir di tengah masyarakat untuk melayani, oleh karena itu, semua pihak harus bisa dilayani dengan baik,” terangnya.

KKP menjelaskan, keberlanjutan budidaya lobster sangat dipengaruhi oleh ketersediaan suplai benih lobster dengan harga yang layak dari sisi bisnis. Di sisi lain, nelayan penangkap benih lobster memerlukan pasar yang dapat menampung hasil tangkapan benih lobster, juga dengan harga yang layak bagi penghidupan nelayan.

“Oleh karena itu, KKP menetapkan harga terendah dan tertinggi benih lobster untuk memberikan jaminan kesejahteraan bagi nelayan penangkap benih lobster maupun keberlanjutan usaha bagi pembudidaya lobster,” lanjutnya.

“Selain itu, usaha budidaya lobster memberikan peluang bagi usaha penyediaan pakan budidaya lobster berupa jenis-jenis kekerangan, moist pelet, ikan rucah, dll. Dalam hal ini, dengan mengembangkan budidaya lobster akan memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat pesisir sekitar lokasi budidaya, khususnya nelayan,” pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center KKP Budidaya Lobster Kebijakan Ekspor Benih Lobster Demi Bantu Nelayan Kecil

Berita Lainnya