News

KKP Siap Berikan Pinjaman ke Nelayan Pembudidaya Lobster

Dewi Sari - 13/07/2020 12:03

Beritacenter.COM - Kementrian Kelautan dan Perikanan siap memberikan pinjaman kepada nelayan pembudidaya lobster di berbagai daerah, bagi yang membutuhkan modal guna membantu pengembangan usahanya.

Dilansir dari Antaranews, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, Minggu (12/7/2020) mengatakan KKP akan memberikan pinjaman lunak dengan bunga rendah melalui Badan Layanan Umum Lembaga Penglola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP).

Edhy siap mendukung langkah pembudidaya lobster, seperti kepada mereka yang berinovasi mengembangkan model keramba jaring tancap atau keramba dasar, yang menjadi alternatif budi daya lobster di daerah perairan dengan ombak besar di Pantai Utara Jawa.

Sejumlah nelayan pembudidaya lobster dapat mengembangkan model ini antara lain karena wilayah perairan tempatnya budidaya memiliki ombak besar dan arus laut yang cukup deras.

Seperti yang kita ketahui, Menteri Keluatan dan Perikanan Edhy menegaskan akan memeberikan prioritas utama kepada pengembang pembudidaya lobster, bukan ekspor benih lobster.

"Prioritas pertama itu budi daya, kita ajak siapa saja, mau koperasi, korporasi, perorangan silahkan, yang penting ada aturannya. Pertama harus memiliki kemampuan budidaya. Jangan karena ekspor memiliki untung yang begitu banyak. Kata Edhy.

Edhy mengatakan dengan penerbitan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 12/2020, KKP igin mendorong kesehjateraan dan meningkatkan pengetahuan nelayan dalam berbudi daya lobster.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center KKP Budidaya Lobster Program KKP Dukung Program KKP

Berita Lainnya