Nasional

KKP: Permen No 12 Tahun 2020 Untuk Kesejahteraan Nelayan, Pembudidaya dan Pengembangan Lobster

Lukman Salasi - 13/07/2020 14:13

BeritaCenter.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan bahwa Permen KP Nomor 12 tahun 2020 untuk kesejahteraan nelayan dan pembudidaya lobster. Permen ini juga mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan serta penelitian terkait lobster.

Hal ini disampaikan KKP dalam siaran pers nya Minggu (12/7/2020). KKP menjelaskan tentang Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo yang mulai melakukan perekayasaan lobster.

BPBAP telah melakukan hal tersebut sejak awal tahun 2020 dalam rangka mendukung program KKP soal industrialisasi budidaya lobster.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo telah meninjau BPBAP Situbondo itu. Menteri Edhy menyebut Permen KP Nomor 12/2020 adalah jawaban atas keluhan nelayan serta pembudidaya, termasuk warga Situbondo.

Melalui regulasi ini, kata Edhy, membuka kesempatan bagi siapapun untuk menangkap benih atau melakukan budidaya lobster. Bahkan, bagi perorangan yang ingin bergelut dengan lobster, tidak diperlukan izin khusus selama bertujuan untuk konsumsi sendiri.

"Tentang lobster, siapapun sekarang sudah boleh pak. Tidak perlu pakai izin untuk perorangan," papar Menteri Edhy, Kamis (9/7/2020.

TAG TERKAIT :
Berita Center Nelayan KKP Menteri Edhy Prabowo Budidaya Lobster BPBAP Situbondo Perekayasaan Lobster Program KKP Menteri KP Permen KP Nomor 12 tahun 2020

Berita Lainnya