Internasional

Taliban Lancarkan Bom Bunuh Diri ke Kantor Intelijen Afganistan, 11 Orang Tewas

Aisyah Isyana - 14/07/2020 02:45

Beritacenter.COM - Serangan bom bunuh diri mobilmenyasar ke sebuah kantor interlijen di Afaganistan. Bom bunuh diri mobil itu disebut dilancarkan oleh kelompok Taliban. Akibatnya, 11 orang dinyartakan tewas dalam serangan bom bunuh diri tersebut.

Pelaku hanya seorang diri meledakkan bom di dalam mobilnya di dekat Direktorat Keamanan Nasional (NDS). Selain itu, sekelompok penembek juga memberondong peluru mereka ke sebuah bangunan di Kota Aybak, Utara Afganistan, seperti dilansir AFP, Senin (13/7/2020).

Baca juga : Masuk Rumah Warga, Dua Rampok Penyandera Balita di Samarinda Dibekuk Polisi

Dalam serangan bom bunuh diri itu, Gubernur Samangan Abdul Latif menyebut sedikitnya menewaskan 11 korban jiwa. Sementara itu, 63 korban lainnya yang mayoritas merupakan warga sipil, dilaporkan terluka akibat ledakan dan berondongan tembakan tersebut.

Aksi serangan brutal itu diketahui baru berhenti setelah 4 jam lamanya. Juru bicara Gubernur, Sediq Aziza menyebut ada 3 pelaku yang ditembak mati pasukan keamanan. Saksi mata di lokasi menyebut ledakan itu turut merusak jendela rumah warga.

"Itu adalah ledakan besar yang merusak semua jendela kita. Banyak orang terluka karena pecahan kaca tersebut," ucap seorang saksi mata, Haseeb.

Aksi serangan bom bunuh diri dan berondongan tembakan itu mendapat kecaman keras dari Presiden Afganistan, Ashraf Ghani. Dia mengutuk keras aksi serangan itu dan mendesak agar Taliban menghentikan kekerasan saat pemberontak dan pemerintah tengah bersiap untuk terlibat pembicaraan soal perdamaian.

"Menggunakan kekerasan dan pembunuhan orang-orang untuk mendapatkan konsesi dalam pembicaraan adalah pendekatan terburuk yang telah diambil Taliban," ucapnya.

Sekedar diketahui, Taliban diketahui telah melancarkan serangan hampir setiap hari ke para pasukan Afganistan dalam beberapa bulan terakhir. Dalam dua serangan terpisah yang dilakukan Taliban Minggu kemarin, telah menewaskan setidaknya 19 personel keamanan.

TAG TERKAIT :
Bom bunuh diri Taliban Afganistan Serangan Kelompok Taliban Taliban Serang Kantor Intelijen Afganistan

Berita Lainnya