Opini

PAK JOKOWI TAU APA YANG HARUS DILAKUKAN, PAK PRABOWO TAU APA TUGASNYA

Indah Pratiwi Budi - 16/07/2020 15:21

Ada sebagian orang gak suka baca tapi hobi nyinyir saat Jokowi menugaskan Menhan Prabowo Subianto untuk memimpin Proyek Lumbung Pangan Nasional. “Kok Menhan ditugasi ngurusi pangan, kok bukan Menteri Pertanian”

Gini dul, penunjukan Menhan sebagai pimpinan Proyek Pangan Nasional karena persoalan pangan kini tengah menghadapi ancaman serius. Organisasi pangan dan pertanian yang berdiri di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa, Food and Agriculture Organization (FAO), telah memberi peringatan atas potensi krisis pangan yang mungkin akan dihadapi oleh seluruh umat manusia akibat terjadinya pandemi Covid-19

Krisis pangan bisa mengganggu keamanan dan pertahanan nasional bahkan global, FAO juga menjelaskan bahwa jika ketahanan pangan tidak ditangani serius akan terjadi perang dunia. Itu bukan disebabkan persoalan politik, melainkan orang akan bertempur memperebutkan pangan di belahan dunia manapun. Dibeberapa negara yang mengalami krisis pangan akan diikuti krisis keamanan nasional.

Bayangkan jika 10% saja dari 250juta rakyat negeri ini kekurangan pangan, potensi ketidakstabilan keamanan bisa terjadi. Percuma jika kita punya lumbung yg penuh terisi beras tapi tetangga2 kita tidak memiliki apapun. Kita akan dianggap musuh dan apa yg kita miliki akan dijarah demi “tidak kelaparan” dan selanjutnya keamanan akan hilang.

Lantas kenapa Kementerian Keamanan diikut sertakan?
Di Indonesia, tugas Kementerian Pertahanan bukan tok tentang pertahanan negara dari segi militer tapi juga mencakup ketahanan dari segi lainnya, dalam istilah mereka adalah Pertahanan Negara Nir Militer (Non-Militer) dan itu ada perangkatnya yaitu Direktorat Jendral Potensi Pertahanan (Ditjen Ponhan). Beberapa tugasnya adalah ;
- Perumusan kebijakaan Kementerian di bidang potensi pertahanan nir militer
- Pelaksanaan kebijakan Kementerian di bidang potensi pertahanan meliputi kesadaran bela negara, komponen cadangan, komponen pendukung, pembinaan teknologi dan industri pertahanan serta pembinaan veteran
- Penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang potensi pertahanan nir militer
- Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang potensi pertahanan nir militer.

Proyek Lumbung Nasional ini melibatkan 3 kementerian yaitu, Kementerian Pertanian dan Kementerian PUPR sebagai pelaksana lapangan serta Kementerian Pertahanan yang tugasnya menyiapkan strategi agar Indonesia bisa terhindar dari krisis pangan seperti bagaimana meningkatkan ketahanan pangan nasional, penyediaan dan menjaga lahan untuk cadangan ketahanan pangan dan menjaga agar ketersediaan pangan tetap terjaga serta bagaimana sistim pendistribusian.

Yang harus dipahami adalah, Pertahanan Negara itu bukan cuma masalah perang dan pengerahan tentara untuk operasi militer doang tapi bagaimana negara memiliki strategi pertahanan untuk bisa mengantisipasi gejolak yang mungkin timbul akibat suatu kejadian. Itulah tugas lain dari Kementerian Pertahanan.

Selaian itu, di TNI sendiri dikenal dengan sebutan Operasi Militer Untuk Perang dan Operasi Militer Selain Perang, beberapa Operasi Militer Selain Perang adalah ;
- Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis
- Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta;
- Membantu tugas pemerintahan di daerah;

Itulah dwifungsi TNI sebenarnya yang dicetuskan oleh Jend. Besar AH Nasution, bagaimana militer memberi kontribusi pada negara saat tidak terjadi perang, bukan kelompok militer yang ingin menguasasi tugas sipil.

Ingat Program ABRI Masuk Desa (AMD) era Soeharto? Program ini dicetuskan oleh Jend. M. Jusuf pada tahun 1980. Tujuan dilaksanakannya program AMD adalah untuk membantu masyarakat desa dalam menyelesaikan setiap permasalahannya. Selain itu, program AMD ini juga membantu memaksimalkan potensi desa, karena desa merupakan sumber penyuplai bahan-bahan baku pangan nasional serta sebagai sumber ketenagakerjaan.

Proyek Lumbung Pangan Nasional ini bukan sekedar menyediakan stok pangan tapi bagaimana pemerintah memiliki cadangan stok pangan yang mencukupi dan bisa didistribusikan secara nasional untuk menjaga agar tidak timbul gejolak sosial di masyarakat yang bisa menyebabkan ketidakstabilan keamanan negara.

Pahamkan kenapa Menhankam dilibatkan dalam Proyek Lumbung Pangan Nasional?
Pak Prabowo aja nurut perintah Presiden karena dia tau itu tugasnya, lu yang gak ngerti kenapa rese....

~TYVa~

TAG TERKAIT :
Jokowi Joko Widodo Presiden Jokowi Jokowi Orang Baik Jokowi Orang Hebat Jokowi Presiden Ku Jokowi Dan Prabowo Menhan Prabowo Subianto Proyek Lumbung Pangan Nasional

Berita Lainnya

KITA JOKOWI

Opini 18/09/2020 18:00