Ekonomi

Lobster Seperti Apa Yang Boleh Ditangkap? Nelayan Wajib Paham!

Anas Baidowi - 21/07/2020 14:06

Beritacenter.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mencabut aturan larangan menangkap atau mengekspor benih lobster yang dibuat oleh Menteri KP sebelumnya, Susi Pudjiastuti. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi pengekspor agar bisa diberikan izin sesuai Permen No 12 tahun 2020.

Keputusan Edhy Prabowo disambut baik oleh nelayan, seperti halnya nelayan di Kabupaten Tabanan yang sudah mengikuti simulasi penangkapan benih bening lobster (BBL) di Pantai Soka, Selemadeg, pada Jumat (17/7) lalu.

"Kami dari nelayan menyambut baik penerbitan PERMEN KP Nomor 12/PERMEN-KP/2020 tentang penangkapan lobster dan pengaturan penangkapan benih bening Lobster ini," kata Ketua HNSI Tabanan I Ketut Arsana Yasa.

Sementara itu, nelayan Pantura, Musriyadi Banyuwangi, Jawa Timur sangat menyesalkan pihak-pihak yang menolak Permen tersebut.

Musriyadi yang merupakan kelompok nelayan Pesona Bahari, Pantai Watu Dodol, Banyuwangi, Jatim mengatakan dia bersama teman-temannya sesama nelayan Pantura harus menjadi pengangguran selama penangkapan dan pembudidayaan lobster dilarang era Susi Pudjiastuti.

"Kami semua disini menangis. Kami kan mencari ikan hanya tiga bulan setahun. Sisanya kami menganggur," tuturnya.

Meski penangkapan lobster sudah tidak lagi dilarang, nelayang tidak boleh sembarangan menangkap lobster. Berikut aturan menangkap lobster dikutip dari Twitter @kkpgoid

Penangkapan dan pengeluaran Lobster

LOBSTER PASIR: Tidak dalam kondisi bertelur yang terlihat pada Abdomen luar dan ukuran panjang karapas di atas 6 cm atau berat diatas 150 gram/ekor.

LOBSRTER JENIS LAINNYA: Tidak dalam kondisi bertelur yang terlihat pada Abdomen luar dan ukuran panjang karapas di atas 8 cm atau berat di atas 200 gram/ekor.

Penangkapan Benih Bening Lobster/ Lobster Muda

Kuota dan lokasi penangkapan sesuai hasil kajian dari Komnas KAJISKAN

Penagkapan dilakukan oleh nelayan kecil yang terdaftar dalam kelompok Nelayan di lokasi penangkapan.

Penangkapan dilakukan dengan menggunakan APi Statis.

Nelayan kecil penangkap harus telah ditetapkan.

Bersumber dari penangkapan yang telah memenuhi ketentuan.

Waktu pengeluaran dilaksanakan dengan mengikuti ketersediaan stok di alam yang direkomendasikan oleh Komnas Kajiskan.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center KKP Lobster

Berita Lainnya