Kesehatan

Kemenkes Tengah Siapkan Personel dan Anggaran Imunisasi Vaksin Corona

Anas Baidowi - 22/07/2020 18:57
Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto)

Beritacenter.COM - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan pihaknya akan siapkan personel untuk proses imunisasi vaksin. tidak hanya itu, Kemenkes juga akan siapkan anggaran untuk hal tersebut. Hal ini akan dibahas bersama Kementerian Keuangan selaku bendahara negara.

"Kementerian Kesehatan menyiapkan personil untuk melakukan imunisasinya dan juga menyiapkan anggarannya. Itu kami akan bahas bersama dengan Kementerian Keuangan," ujar Terawan dalam video conference, dikutip Rabu (22/7).

Uji klinis vaksin virus corona tahap ketiga yang akan dilakukan oleh PT Bio Farma (Persero) bersama Sinovac asal China dijadwalkan berjalan mulai Agustus 2020 dan berjalan selama enam bulan. Apabila uji klinis tersebut selesai pada bulan Januari 2021, maka vaksin akan diproduksi pada kuartal 1 2021. Targetnya, vaksin akan diproduksi sekitar 40 juta dosis per tahunnya.

"Tapi untuk tahap pertama sesuai target penyelesaian uji klinis Januari 2021, pada saat selesai uji klinis dan izin edarnya keluar, kami sudah menargetkan untuk bisa selesai sekitar 40 juta dosis per tahun," tutur Honesti.

Sekretaris Perusahaan Bio Farma, Bambang Heriyanto menjelaskan perusahaan belum bisa memastikan harga vaksin corona namun diperkirakan berada di kisaran Rp72.500 hingga Rp145 ribu per dosisnya.

"Harga vaksin masih kami hitung, untuk perkiraan sementara estimasi US$5-US$10," kata Bambang.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kemenkes Covid-19

Berita Lainnya