Ekonomi

Sri Mulyani: Lembaga keuangan syariah harus bisa bangkit

Anas Baidowi - 23/07/2020 15:02

Beritacenter.COM - Menteri Keuangan ( Menkeu), Sri Mulyani mengungkapkan hantaman terus menerus pada perekonomian di Indonesia karena Covid-19 kini berdampak pada sektor perbankan syariah. Meningkatnya risiko penyaluran kredit akibat dari banyaknya nasabah yang gagal bayar membuat kemampuan lembaga syariah tertekan. 

"Dampak pandemi ini terasa di perbankan syariah di tanah air. Saat ini perbankan syariah merevisi target pertumbuhan. Karena ada peningkatan risiko lembaga syariah akibat pandemik dan kegiatan ekonomi ini dan peningkatan resiko dari kemampuan lembaga syariah tertekan," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Sektor ekonomi merupakan sektor yang sama pentingnya dengan kesehatan ataupun sosial. Oleh karena itu, Pemerintah terus lakukan upaya untuk mengatasi masalah ini agar Indonesia tak bernasib sama seperti Korea Selatan (Korsel) yang telah masuk ke jurang resesi. 

"Pemerintah melakukan teroboson dari sisi fiskal dan moneter dan mencari sumber pembiayaan APBN dalam tekanan kebutuhan covid yang luar biasa," jelasnya.

Lembaga keuangan syariah harus bisa bangkit. Adapun lembaga keuangan syariah terus memperbaiki diri dan meningkatkan peranannya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

"Berbagai strategi produk syariah harus ditingkatkan," jelasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ekonomi Kementrian Keuangan Covid-19 Perbankan Syariah

Berita Lainnya