Ekonomi

Gairahkan Ekonomi Destinasi Wisata, Antam Giat Terpadu di Bali

Anas Baidowi - 25/07/2020 06:38

Beritacenter.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Sekretariat Jenderal dan Direktorat Jenderal Penguata Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya makan ikan untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19. Sebagai bahan pangan yang mengandung protein dan Omega-3, konsumsi ikan sangat relevan untuk mendukung program prioritas penanganan stunting dan baik untuk meningkatkan kecerdasan pada anak.

Karenanya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). Dalam kegiatan ini, bantuan berupa paket berisi ikan/olahan ikan disalurkan kepada masyarakat terdampak COVID-19 di Kota Denpasar.

"Diharapkan dengan bantuan ini dapat sedikit membantu peningkatan asupan protein bagi masyarakat terdampak," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) KKP, Antam Novambar saat menyerahkan bantuan di Banjar Desa Adat Serangan Kota Denpasar, Jumat (24/7).

Melalui Gemarikan, Antam menyebut pemerintah berupaya menyerap dan mendukung produk perikanan yang dihasilkan pelaku UMKM di Bali.

"Saya berharap para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Bali dapat berperan aktif dalam mensukseskan Program Gemarikan," sambungnya.

Dalam kesempatan ini, KKP membagikan 500 paket gemarikan yang berisi ikan beku fillet yang diambil dari UKM setempat serta materi promosi berupa masker Gemarikan dan flyer sebagai untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mengkonsumsi ikan yang bermutu baik.

Melalui Gemarikan pula, KKP menargetkan pertumbuhan konsumsi ikan nasional pada 5 tahun kedepan (2020 – 2024) sebesar 2,43% per tahun dengan target konsumsi ikan pada tahun 2024 sebesar 62,05 kg/kapita setara ikan utuh segar.

Berdasarkan data Susenas (2018) angka konsumsi ikan (AKI) Provinsi Bali sebesar 38,83 kg/kapita (setara ikan utuh segar) masih jauh dibawah AKI Nasional (50,69 kg/kapita). Sedangkan AKI dalam rumah tangga Kota Denpasar mencapai 20,64 kg/kapita.

Di saat yang sama, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo mengungkapkan ikan memiliki kandungan gizi yang lengkap, dan memiliki peran penting bagi ibu hamil, 1.000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), perkembangan otak anak-anak dibawah usia dua tahun (Baduta), serta usia remaja serta lanjut usia. Dia memastikan, Gemarikan juga telah dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia.

"Gemarikan ini kita lakukan di seluruh provinsi seluruh kabupaten," kata Nilanto.

Di akhir sambutan, Nilanto mengajak warga untuk meneriakkan yel-yel "makan ikan, kuat, sehat, dan cerdas," disambut riuh para warga Desa Serangan.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Antam Novambar KKP

Berita Lainnya