Bolehkah Patungan Hewan Kurban? Simak Penjelasannya

Anas Baidowi - 26/07/2020 15:15

Beritacenter.COM - Berserikat atau patungan dalam berkurban tentu diperbolehkan dalam syariat agama islam, namun ada ketentuan yang perlu diperhatikan agar tidak salah kaprah dan nantinya hewan sembelihan tetap memiliki konsekuensi kurban yang afdhal.


Berdasarkan keterangan dari Syekh al-Habib Abdurrahman bin Muhammad al-Masyhur dari kitabnya yang berjudul Bughyah al-Mustarsyidin halaman 258 menyebutkan, bahwa ;

“Menurut mazhab Syafi’i, dan kami tidak mengetahui pendapat yang menyelesihinya, tidak boleh berkurban dengan satu kambing untuk satu orang lebih,”.

Selanjutnya, berdasarkan keterangan dari Syekh Zakariya Al Anshari dalam kitabnya berjudul Asna Al-Mathalib juz 1 halaman 537, menyebutkan bahwa ;

“Bila dua laki-laki berserikat dalam dua kambing untuk berkurban atau selainnya seperti al-hadyu, maka tidak sah, karena meringkas atas ketentuan yang disebutkan dalam hadits dan karena masing-masing memungkinkan menyendiri dengan mengeluarkan satu ekor kambing”.

“Dari jabir, beliau berkata kami keluar bersama Rasulullah seraya berihram haji, lalu beliau memerintahkan kami untuk berserikat di dalam unta dan sapi, setiap tujuh orang dari kami berserikat dalam satu ekor unta,” (HR Muslim).


Dari penjelasan yang ada, berkurban dengan cara berserikat atau patungan diperbolehkan hanya untuk hewan sapi dan unta dengan batasan 7 orang. Kemudian untuk kurban kambing hanya diperbolehkan atasnama 1 orang saja. jika melebihi dari ketentuan tersebut, maka pahala yang didapat bukan berkurban, tetapi bersedekah biasa.

Ada cara yang bisa ditempuh agar tetap bisa berkurban dan sesuai syariat. Yakni, lebih dari satu orang menghibahkan uangnya untuk satu orang agar dibelikan seekor kambing, kemudian kambing yang dibeli sah menjadi milik satu orang tersebut dan diniatkan untuk berkurban atasnama dirinya sendiri, maka kambing tersebut sah menjadi hewan kurban setelah disembelih. Sementara pahala kurbannya bisa diberikan juga kepada segenap orang yang ikut bergabung menghibahkan uangnya tersebut, tentunya dengan keikhlasan seluruh anggota kongsi. Wallahu a’lam.

TAG TERKAIT :
Berita Center Hewan Kurban Idul Adha

Berita Lainnya