Travel

Tutup Selama Pandemi Covid-19, Kebun Binatang Surabaya Kembali Dibuka

Baharuddin Kamal - 27/07/2020 11:50
Kebun Binatang Surabaya

Beritacenter.COM - Kebun Binatang Surabaya (KBS) hari ini kembali dibuka usai ditutup sementara selama pandemi virus Corona (Covid-19). KBS sebelumnya ditutup terhitung sejak 17 Maret sampai 26 Juli 2020.

Pembukaan tempat wisata KBS itu juga turut dibenarkan oleh Kasi Humas PDTS KBS, Wini Hustiani. "Nggih jadi hari ini dibuka. Nanti dibuka Pak Dirut langsung," Kata Wini, Senin (27/7/2020).

Wini mengatakan, KBS telah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah, seperti menyiapkan wastafel lengkap dengan sabun cuci tangan di 23 titik di dalam dan sekitar pintu masuk. Kemudian ada 50 hand sanitizer di setiap sudut serta sejumlah informasi protokol kesehatan juga sudah dipasang di area KBS.

Selain itu, lanjut Wini, pihak juga membuat penyekatan di sekitar kandang satwa serta fasilitas umum. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan pengunjung. Pengunjung juga tidak diperkenankan menggelar tikar di area KBS.

Wini menambahkan, selama masa transisi normal baru, parkiran resmi KBS ditutup. Pengunjung dapat parkir kendaraannya, baik motor maupun mobil di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). Pembatasan pengunjung juga diberlakukan di mana KBS membatasi sampai maksimal 50 persen dari total kapasitas.

"Kita nanti akan buka dua sesi. Sesi pertama sama sesi kedua. Jadi weekday Senin sampai Kamis 1.500 pengunjung satu hari, kalau Jumat 500. Kalau weekend 2.000 sampai 3.000. Jadi ada pembatasan. Tujuan kami menjaga kesehatan," lanjut Wini.

Sesi pertama akan dibuka mulai pukul 08.30-11.30 WIB dan sesi kedua pukul 12.30-15.30 WIB. Saat jeda area KBS akan kembali disterilisasi dengan disemprot disinfektan sebelum menerima pengunjung di sesi kedua. Sedangkan tiket masih tetap sama yakni Rp 15 ribu. Namun dijual secara online.

"Di dalam sementara kita meniadakan feeding time, wahana-wahana tidak kita buka dulu," pungkas Wini.

TAG TERKAIT :
Berita Center Pandemi COVID-19 Pembukaan KBS Kebun Binatang Surabaya

Berita Lainnya