News

Pemprov Jateng Tengah Persiapkan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Anas Baidowi - 29/07/2020 19:31

Beritacenter.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah saat ini sedang mempersiapkan skenario untuk uji coba pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19.

"Hari ini kami rapatkan. Soal sekolah tatap muka itu, saya minta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng segera menyiapkan dengan baik dan harus memegang protokol kesehatan," kata Ganjar, Rabu (29/7).

Sebelum uji coba dilakukan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas Kominfo untuk mengetahui peta penyebaran COVID-19 di Jateng.

"Nah di desanya yang sudah ada sekolah, itu bisa dipilih dulu. Terus latihan dulu untuk mempersiapkan mereka tatap muka. Ya sarana prasarananya, gurunya dan protokol kesehatannya," terangnya.

Tidak hanya soal protokol kesehatan, batasan jumlah siswa juga menjadi perhatian dalam uji cobanya nanti.

"Mau berapa dulu siswa yang boleh masuk ke sekolah dan berapa yang harus belajar di rumah. Ndak boleh bareng-bareng. Kalau itu bisa diuji coba dan berjalan, mudah-mudahan bisa menyelesaikan persoalan," terangnya.

Ganjar menegaskan, saat ini ia belum bisa memastikan pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan.

Sampai hari ini kita daring dulu, belum ada yang masuk," tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Padmaningrum menambahkan nantinya akan ada tahapan skenario, yang pertama yaitu pengujian satu kabupaten satu sekolah, stetlah itu penambahan di daerah zona hijau, dan terakhir baru dilakukan penambahan jumlah siswa.

"Jadi bertahap dan dengan melihat kesiapan daerah serta sekolah masing-masing. Tentu pelaksanaannya ketat, misalnya jumlah siswa dibatasi, jam belajar dikurangi dan tidak ada moving class. Apabila terjadi kasus COVID-19 di sekolah, maka sekolah ditutup kembali," kata Padmaningrum.

Di samping itu, jumlah kasus positif COVID-19 di Jateng terus meningkat. Dari data yang ditampilkan di situs Kemenkes dan dikirimkan tim Humas BNPB kepada wartawan, hari ini, jumlah kasus positif COVID-19 di Jateng bertambah 313 dibanding kemarin. saat ini Jateng menempati posisi ketiga dengan penambahan kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ganjar Pranowo Jateng

Berita Lainnya