Opini

Jokowi Siap Hadapi Tantangan

Indah Pratiwi Budi - 29/07/2020 21:30
Oleh : Suparmin Prasetyo

Harapan saya tidak muluk-muluk agar Presiden Joko Widodo bisa menjadi presiden seumur hidup seperti Vladimir Putin ( Rusia ) dan Xi Jinping ( China ) he he he

Karena kecerdasan pak Jokowi saat pandemi covid 19 yang melanda dunia Indonesia tidak serta merta menerapkan lockdown walaupun mendapatkan tekanan dan kecaman dari para barisan sakit hati dan gerombolan tukang demo berjilid jilid.

Pak Jokowi lebih memilih PSBB dan menjalankan protokol kesehatan selama pandemi covid 19 karena beliau sangat menyadari bahwa roda perekonomian di Indonesia banyak melibatkan usaha UMKM ( Mikro ) dimana saat perusahaan besar menutup usahanya maka usaha kecil terus berputar

Berbeda dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand yang memberlakukan lockdown , selain sangat kecil kontribusinya dalam menekan jumlah korban covid 19 Dampaknya, tentu saja aktivitas ekonomi dan dunia usaha di negara negara tersebut terhantam.

Singapura baru saja resmi mengalami resesi setelah pertumbuhan ekonominya mengalami kontraksi di kedua kuartal.

Permintaan domestik menurun demikian dengan permintaan global sehingga tidak ada yang dapat dijadikan pijakan agar ekonomi tumbuh.

Berdasarkan data GDP Singapura, sektor jasa menyusut 37,7 persen pada kuartal II atau sebesar 13,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Apakah Resesi ekonomi di Singapura akan berdampak terhadap Indonesia ? mengingat Singapura merupakan salah satu mitra dagang dan investor utama di Indonesia.

Kemungkinan itu sangat kecil resesi di Indonesia Sebab, berbeda dengan Singapura yang bergantung besar pada ekonomi dunia, ekonomi Indonesia didominasi dari ekonomi domestik.

Kalaupun Indonesia terimbas resesi ekonomi paling tidak.pemerintah bisa mengantisipasi menghadapi bagaimana menjaga dunia usaha dan sektor keuangan bisa tetap bertahan. Sehingga pemulihan bisa berlangsung cepat, tanpa perlu masuk ke jurang krisis ekonomi.

Saya tidak bisa membayangkan jika negara ini bukan pak Jokowi yang memimpin.
Sekelas Singapura yang terkenal dengan perekonomian kuat dunia saja harus tersungkur.
#BravoPakdeJokowi

Sumber : Status Facebook Suparmin Prasetyo

TAG TERKAIT :
Jokowi Joko Widodo Jokowi Orang Baik Jokowi Orang Hebat Jokowi Presiden Ku

Berita Lainnya

KITA JOKOWI

Opini 18/09/2020 18:00

Nihilisme Anies

Opini 15/09/2020 16:30