News

Pemkot Pekanbaru Setujui Sekolah Buka KBM Tatap Muka di Tengah Pandemi Corona

Baharuddin Kamal - 04/08/2020 14:35

Beritacenter.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru telah menyetujui terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah. Namun, kegiatan itu diminta dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan virus Corona (Covid-19).

"Pak Wali Kota sudah menyetujui pelaksanaan sekolah tatap muka di masa pandemi ini. Hanya saja pelaksanaan tersebut diserahkan ke sekolah masing-masing," kata Kabag Humas Pemkot Pekanbaru, Irba Sulaiman, kepada wartawan, Selasa (4/5/2020).

KBM ini, lanjut Irba, akan dilakukan selama satu kali dalam seminggu. Dia juga menuturkan bahwa waktu belajar akan dipersingkat. "Jadi sistemnya seminggu hanya ada satu kali belajar tatap muka. Di saat itulah guru nantinya memberikan tugas dan memeriksa hasil tugas muridnya," kata Irba.

Dia mengatakan murid yang datang saat KBM tatap muka di sekolah juga dibagi menjadi beberapa gelombang. Tidak semua siswa masuk dalam satu hari secara bersamaan.

"Bukan sekaligus seluruhnya masuk di hari yang sama. Dibagi menjadi dua, bisa saja hari Senin 50 persen dan Kamis 50 persen lagi," kata Irba.

Salah satu pertimbangan dibukanya kembali belajar mengajar tatap muka adalah keluhan dari pihak sekolah terhadap wali murid yang enggan membayar kewajibannya. Pihak sekolah pun kesulitan menagih.

"Kan ada beberapa kewajiban yang harus dibayar pihak wali murid. Tapi nagihnya susah, karena wali murid merasa anaknya belajar di rumah. Padahal, sekalipun anaknya belajar dengan sistem daring, kan guru tetap bekerja. Namun banyak orang tua murid enggan membayar kewajibannya di sekolah," kata Irba.

Dia mengatakan jadwal pelaksanaan KBM tatap muka ini diserahkan kepada sekolah masing-masing. Aturan ini berlaku untuk tingkat PAUD hingga SMP.

"Tergantung sekolahnya kapan akan mereka mulai belajar tatap muka itu. Dan ini berlaku dari PAUD, TK, SD dan SMP," tutup Irba.

TAG TERKAIT :
Berita Center Virus Corona Protokol Kesehatan KBM Tatap Muka Pemkot Pekanbaru

Berita Lainnya