News

Satu Pegawai Terpapar Corona, 50 Pegawai Dishub Cirebon Jalani Tes Swab

Aisyah Isyana - 04/08/2020 17:05

beritacenter.COM - Satu pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon dilaporkan terkonfirmasi positif COVID-19. Alhasil, tes swav massal digelar di lingkungan Dishub Kabupten Cirebon, sebagai upaya penyebaran virus Corona.

Sekretaris Dishub Kabupaten Cirebon Adang Suryana juga membenarkan adanya tes massal yang digelar dilingkungan kantornga, guna mencegah penularan virus COVID-19.

"Sebanyak 50 pegawai yang ikut swab massal. Ini sesuai dengan kuota dari Dinkes," kata Adang kepada awak media di Dishub Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020).

Untuk total pegawai yang ada di Dishub, diketahui ada sebanyak 170 orang. Adang menyebut pihaknya telah berkomunikasi dengan pasien positif. Pasien itu saat ini tengaj menjalani isolasi mandiri.

Lebih lanjut Adang menjelaskan kronologi terpaparnya pegawai Dishub tersebut. Pasien itu diketahui sempat melakukan perjalanan dinas menuju Yogyakarta selama tiga hari. Pegawai Dishub itu langsung menjalani swab test sepulang dari Yogyakarta.

"Setelah mengetahui hasilnya. Pegawai ini langsung isolasi di rumah sakit. Pasien ini juga tak banyak kontak dengan pegawai lainnya. Kecuali dengan penjaga malam," katanya.

Pasca terjadinya insiden itu, Adang menyebut pihaknya memperketat penjagaan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Dimana petugas yang bersuhu tubuh tinggi dan tak menggunakan masker, tidak akan diperbolehkan masuk kantor.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Eny Suhaeni menyebut pihaknya memberi kuota untuk 50 pegawai yang menjalani swab.

"Yang sempat berinteraksi dengan pasien, yang lebih diutamakan. Terutama bidang keselamatan, khususnya penguji Ditlantas," kata Eny.

Envy juga menyarankan pihak Dishub untuk memperketat penjagaan sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Untuk diketahui, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan enam pasien positif baru. Salah satunya pegawai Dishub Kabupaten Cirebon, yang merupakan pria berusia 43 tahun dan pasien positif kasus ke-73.

Untuk wilayah Kabupaten Cirebon, total pasien positif COVID-19 mencapai 74 kasus. Sebanyak 37 pasien berhasil sembuh, 32 masih menjalani perawatan. Sementara itu, lima pasien meninggal dunia.

TAG TERKAIT :
Virus Corona Pandemi COVID-19 Pasien Positif Corona Dishub Kabupaten Cirebon Pasien Corona Cirebon

Berita Lainnya