Kriminal

Viral! Gegara Tertipu Investasi Bodong, Warganet Rugi Hingga Rp 4 Miliar

Anas Baidowi - 05/08/2020 00:57

Beritacenter.COM - Seorang warganet dengan akun Twitter @aprilidita mengungkapkan Kasus Penipuan berkedok investasi untuk Modal Usaha di bidang peralatan rumah tangga.

Tak tahu harus berbuat apa, Dita kemudian menceritakannya dalam sebuah Thread yang ia beri judul "TERTIPU Investasi Bodong 4M OLEH KK KELAS INNOCENT BERPRESTASI".

Walaupun si penipu masih berkeliaran di Bandung, ia pesimis uangnya akan kembali. Dari informasi yang ia tulis, Kerugian yang dialaminya dan ratusan orang lain mencapai 4 miliar rupiah yang kemungkinan bisa bertambah.

"Jadi dia ini kakak kelasku dulu SMP dan SMA, track recordnya baik, berprestasi pol, gak neko-neko pure anak baik. Kuliah pun di perguruan tinggi ternama di Jawa Barat, hidup lurus aman tentram. Singkat cerita, bulan Agustus 2019 dia kontak aku buat nawarin investasi usaha," tulis Dita.

"Awalnya ditawarin nominal tiga juta, yang bakal balik dalam setahun dicicil 500rb per bulan jadi keuntungannya 6 juta. Di situ aku nolak, karena jujur masih tidak percaya dan belum ada duit. Bulan Oktober dia nawarin lagi, cuma tak read karena belum percaya juga. Sampe akhirnya di bulan April 2020 teman dekatku cerita kalo dia ikut," sambungnya.
Karena teman dekatnya tersebut ikut maka ia percaya dan memutuskan untuk gabung dengan nominal 6 juta diawal dan dijanjikan akan mendapat keuntungan 4 juta dalam waktu sebulan.
Dita menyampaikan bahwa si pelaku yang bernama Tiara juga berjanji akan mengirimkan surat perjanjian (MoU) dalam bentuk soft file dan hardfile yang akan menyusul. Tiara juga mengirim dokumen SKCK, KK, Ijazah dan KTP nya sebagai bukti jaminan kepada Dita.

"Sebulan kemudian aku ambil keuntungan 4 juta, dan muterin lagi 6 juta. Nah ini buat yang penasaran rincian” nominal dan baliknya kapan. Btw mou yg hardfile janji mau di kirim gosend akhirnya gak pernah dikirim karena aku juga percaya bgtbgtbgt gamau ngerepotin. Nanti contoh mou nya aku lampirin," lanjutnya.

Pada 15 Juli 2020, MoU Dita dengan nominal besar akan cair. Ia pun masih mengaku berpikiran positif karena alasannya adalah COVID-19, sehingga pencairan dana akan terhambat.

Dita Aprilia mengaku kebingungan lantaran hingga 25 Juli, uangnya belum juga dikirimkan oleh Tiara. Tiara memberikan banyak alasan, mulai dari temannya yang tidak bisa dihubungi hingga chat palsu dengan orang bank yang dikirim ke Dita. Ketidakpastian itu pun dirasakan Dita hingga Malam Takbiran Idul Adha 1441 H.

"Malam takbiran enggak fokus karena dia bilang bakal balikin 3-6 bulan. aku nggak sanggup lagi denger penjelasan dia di telpon yg benar-benar tenang dan optimis bakal balikin. Malem itu temen aku di Jambi datengin rumahnya dan cuma ketemu sama kakeknya. Ternyata ibu nya udah berangkat ke Bandung," jelas Dita.

Hingga berita ini dipublikasikan, Thread Kasus Penipuan Investasi Bodong yang menimpa Dita Aprilia tersebut pun telah direspon 827 warganet, di re-tweet lebih dari 8 ribu kali, serta disukai oleh lebih dari 29 ribu akun.

 

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya