News

Mangkir Dari Panggilan Pertama, Bareskrim Kembali Periksa Anita Kolopaking dan Brigjen Prasetijo 7 Agustus

Dewi Sari - 05/08/2020 10:27

Beritacenter.COM - Bareskrim Mabes Polri kembali melakukan panggilan ulang kepada Anita Kolopaking usai sebelumnya panggilan pertama pada Selasa (4/8) kemaren mangkir. Anita terbukti bersalah karena membuat surat pemalsuan jalan terhadap buronan korupsi Djoko Tjandra.

Menurut Dittipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo menuturkan Anita akan kembali diperiksa pada Jumat (7/8). Dirinya kemarin tidak memenuhi panggilan karena beralasan sedang bertemu dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), untuk meminta perlindungan sebagai saksi.

“Jumat pemanggilan kedua,” kata Ferdy kepada wartawan, Rabu (5/8).

Sementara, untuk pemeriksaan terhadap Brigjen Prasetijo, Ferdy akan memeriksanya pada hari yang sama dengan Anita di Bareskrim Polri.

“Jumat di Bareskrim,” ujar Ferdy.

Seperti yang kita ketahui, Anita Kolopaking resmi jadi tersangka karena memiliki peran dalam surat jalan Djoko Tjandra. Anita terbukti melanggar Pasal 263 KUHP ayat 2 dan Pasal 223 KUHP dan dianggap telah membantu Djoko Tjandra melarikan diri ke luar negeri.

“Pasal yang disampaikan diterapkan pasal 263 ayat 2 KUHP yaitu barang siapa dengan sengaja memalsukan surat palsu atau yang dipaluskan seolah-olah jika dipemakain surat itu menimbulkan keurgian,” kata Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (30/7).

Sementara Brigjen Prasetijo merupakan jenderal polisi yang menandatangani surat jalan untuk Djoko Tjandra. Bermodal surat itu, Djoko Tjandra bisa melenggang dari Jakarta ke Pontianak dan melanjutkan pelariannya ke Malaysia. Ia kini sudah menjadi tersangka atas pemalsuan surat, menghalangi penahanan, dan membantu Djoko Tjandra kabur

TAG TERKAIT :
Bareskrim Polri Berita Center Anita Panggilan Ulang

Berita Lainnya