Peristiwa

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Sumba Barat Daya NTT, Tak Berpotensi Tsunami

Aisyah Isyana - 05/08/2020 17:20

Beritacenter.COM - Wilayah Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), diguncang gempa berkekuatan 5,5 magnitudo. Gempa yang terjadi dipastikan tak berpotensi memicu timbulnya gelombang tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," demikian keterangan BMKG sebagaimana dalam cuitan akun Twitter @infoBMKG, Rabu (5/8/2020).

Gempa yang terjadi di Sumba Barat Daya NTT diketahui terjadi sekura pukul 15.27 WIB. Adapun gempa yang terjadi diketahui berlokasi di 9,79 Lintang Selatan (LS) dan 119,09 Bujur Timur (BT).

Sementara pusat gempa tepatnya berada di 24 km arah tenggara Kodi, Sumba Barat Daya. Gempa yang terjadi berada pada kedalaman 10 km. Gempa yang terjadi dirasakan dalam skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) di Kota Bima, Tambolaka, Waingapu, dan Waitabula.

Sebagaimana dijelaskan BMKG dalam situsnya, skala III MMI artinya getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah dan seakan-akan ada truk berlalu.

"#Gempa Mag:5.5, 05/08/2020 15:27:12 (Pusat gempa di laut 24 km Tenggara KODI-SUMBA BARAT DAYA), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) III Kota Bima, III Tambolaka, III Waingapu, III Waitabula, #BMKG," jelas BMKG.

Sejauh ini, belum ada laporan lebih lanjut soal dampak gempa yang terjadi. Tak ada laporan juga soal ada tidaknya korban akibat guncangan gempa tersebut.

TAG TERKAIT :
GEMPA Bencana Alam BMKG NTT Gempa Sumba Barat Daya

Berita Lainnya