Internasional

Pasca Ledakan Lebanon, Rusia, Prancis, Yordania, Hingga Mesir Kirim Bantuan Medis-Tim Dokter

Aisyah Isyana - 05/08/2020 18:40

Beritacenter.COM - Pasca terjadinya ledakan dahsyat di Lebanon, pemerintah Rusia langsung mengirimkan lima pesawat yang membawa perlengkapan medis dan tim dokter. Rusia juga mengirimkan tim terlatih secara khusus guna melakukan pencarian dan penyelamatan.

Nantinya, tim dokter yang dikirimkan dari Rusia itu akan mendirikan rumah sakit darurat di Beirut, guna membantu dan memberi perawatan untuk para korban ledakan, seperti dilansir Associated Press dan CNN, Rabu (5/8/2020).

Baca juga : Penyebab Ledakan Dahsyat di Lebanon, Puluhan Orang Tewas dan Ribuan Luka-luka

Sebagaimana dalam pernyataan via kantor berita Rusia, TASS, Kementerian Urusan Situasi Darurat Rusia menyebut pihaknya telah mengirimkan tim penyelamat, tenaga medis, sebuah rumah sakit darurat dan laboratorium mobile untuk tes virus COVID-19 ke Lebanon.

Tak hanya Rusia, negara-negara lain seperti Prancis dan Yordania juga bergerak mengirimkan bantuan ke Lebanon. Prancis bahkan menyebut pihaknya mengirimkan dua pesawat yang berisi puluhan petugas darurat, sebuah unit medis mobile dan 15 ton bantuan.

Sementara Yordania dalam pernyataannya menyebut pihaknya telah mengerahkan satu unit rumah sakit darurat, termasuk seluruh personel yang diperlukan.Kemudian Mesir juga telah mendirikan sebuah rumah sakit darurat di Beirut, guna membantu memberi perawatan ke para korban luka.

Sebagaiamana diketahui, ledakan dahsyat yang melanda Beirut dilaporkan telah menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai 4 ribu orang lainnya. Sejauh ini, penyebab ledakan masih dalam penyelidikan pihak berwenang. Namun, otoritas Lebanon menyebut dugaan pemicu ledakan dahsyat, yakni sejumlah besar amonium nitrat.

Ledakan dahsyat yang terjadi di Lebanon ini terjadi disaat negara itu tengah dilanda krisis ekonomi imbas pandemi COVID-19. Sejauh ini, Lebanon mencatat lebih dari 5 ribu kasus Corona, dengan 65 kematian.

TAG TERKAIT :
Rusia Mesir Prancis Yordania Lebanon Ledakan Lebanon Penyebab Ledakan Lebanon

Berita Lainnya