Teknologi

Dilirik Microsoft, Apple Juga Diisukan Ingin Beli TikTok?

Aisyah Isyana - 05/08/2020 21:14

Beritacenter.COM - Isu soal perusahaan mana yang menjadi pembeli potensial TikTok masih terus bergulir. Setelah Microsoft mengkonfirmasi ketertarikan mereka meminang bisnis TikTok di Amerika Serikat, belakangan Apple juga disebut tertarik membeli platform berbagi video tersebut.

Beredarnya kabar itu datang dari editor bisnis Axios, Dan Primack, dimana dalam buletin yang ditulisnya, disebutkan jika Apple menunjukkan ketertarikan mereka untuk membeli Apple.

"Beberapa sumber mengatakan bahwa Apple menunjukkan ketertarikan, meskipun tidak ada sumber dari internal Apple, dan bahwa setidaknya satu strategi lain telah menyatakan minat," tulis Primack seperti dikutip detikINET dari Axios, Rabu (5/8/2020).

Baca juga : Selama Pandemi, Sony Catat Peningkatan Penjualan Game PS4 Hingga 83 Persen

Dalam hal ini, Primack menyebut jika akuisisi TikTok bakal menjadi strategi yang tak biasa bagi Apple, mengingat sifatnya yang merupakan aplikasi silang platform. TikTok juga menjadi masalah politik yang lebih besar dari yang diinginkan Tim Cook, baik di AS atau di China. Apple disebut Primack menjadi perusahaan yang memiliki cukup uang untuk membeli TikTok.

Kendati begitu, juru bicara Apple langsung membantah soal beredarnya kabar tersebut. Juru bicara Apple sebagaimana keterangannya ke Axios, memastikan tak ada pembicaraan untuk membeli TikTok. Mereka juga menyebut tak tertarik dengan platform video pendek itu.

Sementara itu, Microsotf pada akhir pekan lalu telah mengonfirmasi jika perusahaan mereka berminat untuk mengakuisisi bisnis TikTok di Amerika. Mereka disebut tengah berdiskusi dengan perusahaan induknya, yakni ByteDance.

Selain itu, Microsoft juga disebut akan membeli bisnis TikTok di Kanada, Australia dan New Zealand. Microsoft juga dinilai bukan tak mungkin akan menawarkan investor Amerika lain untuk terlibat dalam akuisisi tersebut.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump disebut setuju memberikan waktu hingga 15 September bagi Microsoft untuk mencapai kesepakatan membeli TikTok. Microsoft menyatakan mereka akan memastikan data user TikTok akan disimpan di AS.

TAG TERKAIT :
China Microsoft Amerika Serikat Media Sosial Apple Tiktok Platform Berbagi Video

Berita Lainnya