News

Polisi Tangkap Dua Pelaku Pembakaran Lahan di Muaro Jambi

Baharuddin Kamal - 06/08/2020 16:07
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Jajaran anggota kepolisian menangkap dua pemuda asal Kabupaten Muaro Jambi lantaran diduga telah melakukan pembakaran lahan untuk dijadikan kebun sawit.

Kedua pemuda itu adalah Keswanto (47) dan Nazarudin (59). Mereka disebut berprofesi sebagai petani. Ada 1,7 hektare lahan kosong yang terbakar.

"Membakar lahan itu sangat menyalahi aturan, membakar lahan itu bisa menyebakan kebakaran yang dapat merugikan masyarakat banyak nantinya. Apalagi saat ini telah masuk musim kemarau, jadi tidak dibenarkan jika ada yang membuka lahannya dengan cara dibakar," kata Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto, Kamis (6/8/2020).

Selain mengamankan kedua tersangka, lanjut Ardiyanto, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa korek api dan bensin. Sedangkan untuk lahan yang dibakar kini telah dipasang garis polisi.

Dalam kesempatan itu, Andriyanto juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka perkebunan dengan cara membakar lahan. Dia mengingatkan ada ancaman penjara dan denda bagi pelaku pembakaran lahan.

"Penegakan hukum ini bukan hanya kepada perorangan saja tetapi terhadap korporasi akan kita tindak juga jika terjadi kebakaran lahan. Dengan ancaman hukuman mencapai 10 tahun dan denda Rp 10 miliar," ujar Ardiyanto.

Berdasarkan data BPBD Jambi, selama Januari hingga Agustus 2020 luas lahan yang telah terbakar mencapai 206 hektare. Ada sembilan daerah di Jambi yang mengalami kebakaran lahan.

Wilayah itu ada di Kabupaten Batanghari 2 hektare, Kabupaten Bungo 15,5 hektare, Merangin 18,85 hektare, Kabupaten Muaro Jambi 10 hektare, Sarolangun 41,55 hektare, Tanjung Jabung Barat 6,2 hektare, Tanjung Jabung Timur 99,03 hektare, Tebo 3 hektare dan Kerinci 10 hektare.

Seluruh lahan terbakar di Jambi itu telah dipadamkan oleh tim Satgas Karhutla Jambi.

TAG TERKAIT :
Jambi Berita Center Karhutla Pembakaran Hutan dan Lahan

Berita Lainnya