Nasional

Sambut Baik Permen KP 12/2020, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia: Kami Bersyukur Menteri Edhy Jawab Perjuangan Kami

Lukman Salasi - 07/08/2020 13:02

BeritaCenter.COMHimpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) menyambut baik Permen KP Nomor 12 Tahun 2020 yang diterbitkan Edhy Prabowo. Mereka mengaku sangat besyukur Menteri Edhy menjawab perjuangan mereka.

“Kami merasa bersyukur Bapak Menteri (Menteri KP) akhirnya merespon perjuangan kami Nelayan Tradisional melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 12 Tahun 2020 tentang penangkapan Lobster, kepiting, rajungan, agar boleh menangkap dan menjual Lobsrer size 150 gram Up," kata Ketua HNSI Kabupaten Tabanan, I Ketut Arsana Yasa, kepada Tribun-Bali.com, Rabu (5/8/2020) kemarin.

Dalam Permen KP tersebut, nelayan dibolehkan menangkap lobster di bawah size 150 gram yang akan dijual dalam kategori lobster budidaya. Kemudian juga, ekspor benih-bening lobster (BBL) menjadi potensi bisnis menjanjikan bagi nelayan di Kabupaten Tabanan.

Menurut Arsana Yasa, Permen KP ini telah memberikan peluang bagi para nelayan. 

"Nah, sekarang dengan PERMEN KP NO.12/ KP/ 2020 sudah boleh ekspor yang size 150 gram. Artinya, nelayan kita sudah bisa bernafaslah," syukurnya.

Dalam Permen ini, penangkapan Benih Lobster (BL) dan Benih-Bening Lobster (BBL) diatur dengan syarat Nelayan Penangkap BL dan BBL baik untuk ekport maupun Budidaya harus terdaftar di Dirjen Tangkap Kementrian KP.

Pria yang akrab dipanggil Sadam ini lantas mendorong para nelayan segera terdaftar untuk memenhi aturan yang berlaku tersebut.

"Karena ini atalah Permen yang tentunya akan dikawal aparat penegak hukum, maka dari itu kami berharap agar nelayan kita patuh pada aturan yang berlaku. Sehingga Nelayan kita dapat mengabil keuntungan dari PERMEN KP ini, karena sejak 2015 Nelayan tradisional lobster kita mati,” tuturnya.

“Kini saatnya nelayan kita focus mencari nafkah di laut. Apalagi Agustus ini sudah akan mulai musim Lobster. Semoga nelayan kita bangkit kembali," sambungnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Menteri Edhy Prabowo Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia HNSI Sambut Baik Permen KP 12/2020 Nelayan Lobster

Berita Lainnya