News

Jalan Tol Penghubung Kota Sidoarjo dengan Gresik Akan Rampung Akhir Tahun 2020

Anas Baidowi - 08/08/2020 16:10

Beritacenter.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan tol Krian - Manyar, Jawa Timur Seksi 1-3 akan rampung akhir tahun 2020. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit mengatakan jalan tol tersebut merupakan penghubung lalu lintas antar wilayah Sidoarjo dengan Gresik.

"Kehadiran Jalan Tol Krian - Legundi - Bunder - Manyar yang merupakan bagian dari jalan tol Non Trans Jawa, menjadi akses pendukung dalam menghubungkan lalu lintas kendaraan antar wilayah di daerah Krian, Kabupaten Sidoarjo dengan Manyar, dan Kabupaten Gresik dan wilayah di Jawa Timur sekitarnya," ujarnya, Sabtu (8/8).

Danang mengatakan, Saat ini progres keseluruhan jalan tol sepanjang 38,40 km tersebut telah mencapai 75,39 persen. Sedangkan untuk seksi 1-3 telah mencapai 99,83 persen dan akan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Jalan to Krian – Legundi – Bunder – Manyar sendiri terbagi menjadi empat seksi, yaitu Seksi 1 ruas Krian – Kademean Mengganti sepanjang 9,77 km dengan progres mencapai 99,47 persen. Sedangkan Seksi 2 ruas Kademean Mengganti – Boboh sepanjang 8,83 km, progresnya mencapai 99,99 persen.

Selanjutnya, untuk Seksi 3 ruas Boboh – Bunder sepanjang 10,40 km, progresnya telah mencapai 99,92 persen, dan untuk Seksi 4 ruas Bunder – Manyar yaitu (9,40 km) menyusul untuk segera dilakukan konstruksinya.

Jalan Tol Kehadiran jalan Krian – Legundi – Bunder – Manyar yang dikelola oleh PT Waskita Bumi Wira selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), juga dapat menjadi penghubung ke daerah wisata di wilayah Jawa Timur, sehingga dapat memberikan kemudahan akses kendaraan bagi para wisatawan yang datang untuk menikmati setiap pariwisata yang ada.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kementerian PUPR BPJT

Berita Lainnya