Internasional

Chicago AS Rusuh, Warga Ancurkan Mobil Polisi-Jarah Toko

Baharuddin Kamal - 11/08/2020 00:37
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat, dilaporkan dilanda kerusuhan dan baku tembak di kawasan pertokoan di pusat kota.

Dilansir AFP, Senin (10/8/2020) lebih dari 100 orang ditangkap dan 13 petugas kepolisian terluka saat perusuh menghancurkan jendela dan toko-toko kelas atas di pusat Kota Chicago.

"Tembakan ke arah polisi yang membalas tembakan," ujar juru bicara polisi Chicago, Tom Ahern dalam akun Twitternya, Senin pagi waktu setempat.

Menurut Tom, polisi tidak mengetahui apa yang memicu kerusuhan. Namun kegaduhan terjadi setelah polisi menembak warga sipil di lingkungan kota Englewood. Massa yang marah merusak dan menjarah pertokoan, serta melempari mobil polisi.

Anggota kepolisian setempat mencoba menenangkan dan membubarkan massa yang berkumpul di tengah kota. Namun, menjelang subuh, tembakan kembali terjadi.

"Para petugas (kepolisian) telah menghentikan beberapa orang di Lake Street dekat Michigan Avenue, ketika tembakan dilepaskan dari mobil yang lewat, sekitar pukul 4.30 pagi. Hampir lima jam setelah vandalisme meluas," imbuhnya.

Perjalanan kereta dan bus ke pusat kota Chicago untuk sementara dihentikan. Jembatan di sungai Chicago juga diangkat untuk mengisolasi kota dan menutup akses dari dan menuju pusat kota.

Kepolisian Negara Bagian Illinois juga menutup jalan bebas hambatan yang menuju pusat kota Chicago.

Sebelum kejadian, Polisi menerima adanya laporan tentang seseorang yang membawa senjata dan membahayakan. Mereka lantas menemukan orang itu di sebuah gang dan memintanya menyerahkan senjata.

Akan tetapi, orang itu kabur dan menembaki polisi. Polisi lantas menembaknya dan berhasil melukai pelaku, dan menyita sebuah senjata api.

Pelaku kemudian dibawa ke rumah sakit. Tiga petugas kepolisian yang menghadapi pelaku juga dibawa ke rumah sakit.

TAG TERKAIT :
Amerika Serikat Berita Kriminal Indonesia Berita Center Kerusuhan di Chicago

Berita Lainnya