Nasional

Dirut Biofarma Sebut Vaksin Sinovac Bakal Diprioristaskan untuk Warga Indonesia

Baharuddin Kamal - 11/08/2020 21:38
Vaksin Sinovac.

Beritacenter.COM - Direktur Utama Biofarma Honesti Basyir mengatakan pihaknya akan memprioritaskan vaksin Corona dari perusahaan asal China, Sinovac, untuk masyarakat Indonesia bila nantinya lulus uji klinis yang tengah dilakukan oleh pihaknya serta Peneliti dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

Basyir munuturkan, sebanyak 160 juta jiwa warga Indonesia akan di prioritaskan sebelum menyuplai ke negara lain. Dari jumlah perhitungan masyarakat yang harus diberi vaksin, setiap orangnya diberikan dua dosis.

Artinya, total vaksin yang harus disiapkan sebanyak 320 juta dosis. Setelah semua masyarakat Indonesia terlayani, maka pihaknya menuju tahapan memikirkan ekspor.

"Nanti dipikirkan untuk ekspor. (kalau sudah ada vaksin) fokus utamanya, masyarakat Indonesia dulu," kata Honesti Basyir di Gedung Eyckman RSP FK Unpad, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020). Baca juga : Pemerintah Sebut Vaksin Corona Asal China yang Paling Maju

Basyir menjelaskan, kemampuan serta kapasitas Biofarma dalam membuat berbagai vaksin saat ini hanya bisa sebanyak 100 juta dosis pertahun. Namun, jumlah tersebut bisa meningkat menjadi 250 juta dosis per tahun setelah pada Desember mendatang ada tambahan fasilitas gedung.

"Nanti Januari uji klinisnya selesai, (jika berhasil) efektivitas, langsung kita registrasi kan ke BPOM, hasilnya keluar, kita baru mulai produksi besar besaran, atau targetnya tadi yang 320 juta itu, tapi tergantung kesiapan bahan baku nya juga," katanya.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Corona Virus Vaksin Covid-19 Vaksin Siap Diproduksi Vaksin Sinovac Biofarma

Berita Lainnya