News

Kabar Baik, Arab Saudi Bakal Buka Umrah Oktober 2020

Anas Baidowi - 12/08/2020 08:12

Beritacenter.COM - Arab Saudi kabarnya akan membuka layanan penerbangan internasional pada Oktober 2020. Kabar itu menjadi sinyal baik dibukanya kembali kegiatan ibadah umrah di Tanah Suci.

Wakil Ketua Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelanggara Haji dan Umrah RI (Amphuri) mengatakan, berdasarkan informasi yang ia terima, pemerintah Arab Saudi mulai membuka penerbangan internasional sekira 18 Oktober 2020.

"Sampai tadi malam, saya berhubungan dengan pihak terkait di Arab Saudi, informasinya (penerbangan dibuka) 1 Rabiul Awal 1442 Hijriyah, bertepatan dengan 18 Oktober. Jadi, kemungkinan umrah dimulai Oktober, karena September beberap booking-an airlines sudah di-refund," kata Fauzan di Surabaya, Jatim, Selasa (11/8).

Fauzan menjelaskan, banyak pesanan tiket pesawat untuk perjalanan umrah yang mulanya untuk keberangkatan September dialihkan pada Oktober.

Menurutnya, puluhan ribu orang yang berencana berangkat umrah melalui travel di Amphuri tertunda karena pandemi Virus Corona atau COVID-19. Kebanyakan dari mereka memaklumi kondisi tersebut karenanya tetap menunggu untuk berangkat ke Tanah Suci begitu umrah dibuka lagi.

Fauzan mengklaim, hanya sedikit jemaah yang membatalkan perjalanan umrah dan meminta kembai uang mereka yang sudah disetor ke travel.

"Yang minta refund ada, tapi tidak banyak. Keanggotaan Amphuri sendiri yang refund di bawah sepuluh persen. Umumnya masih mencoba menunggu kebijakan terbaru, karena sebian jemaah memahami betul proses ini," tuturnya.

Amphuri akan melakukan pendekatan-pendekatan, baik formal maupun informal, kepada para pemegang kebijakan terkait, baik di Indonesia, Kedutaan Arab Saudi, atau pun di Arab Saudi langsung agar pelayanan bagi jemaah umrah terlaksana dengan baik.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Umrah Jemaah umrah Amphuri

Berita Lainnya