Nasional

Pemberian Asi Dinilai Penting, Wapres Minta Pemerintah dan Swasta Sediakan Ruang Laktasi

Anas Baidowi - 12/08/2020 13:02

Beritacenter.COM - Pemerintah daerah (pemda) diminta menyediakan ruang laktasi yang diperuntukkan bagi para pekerja yang tengah menyusui. Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam acara webinar bertajuk Invest-ASI Indonesia untuk bumi yang lebih sehat, Rabu (12/8).

"Bagi pemda, saya minta agar dapat memastikan layanan yang diperlukan oleh ibu tersedia di lapangan agar bisa memberikan ASI yang baik," ujarnya.

Selain pemda, Pihak swasta juga diminta untuk menyediakan ruang laktasi untuk para pekerjanya yang tengah menyusui.

"Untuk kalangan swasta, agar dapat menyediakan ruang laktasi bagi para pekerja dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyusui anaknya dengan baik," kata dia.

Menurut Ma'ruf, pemberian ASI bagi bayi dan anak usia di bawah 2 tahun sangat penting untuk pemenuhan gizi mereka sehingga anak-anak dapat terhindar dari stunting. Dengan begitu, Indonesia ke depannya akan mempunyai generasi sehat, cerdas, dan produktif.

Selain itu, Ma'ruf juga meminta organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, dan mitra pembangunan, bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menyusui bagi bayi dan anak-anak di bawah 2 tahun.

Ma'ruf juga memberikan apresiasi kepada para ibu di Indonesia yang telah meberikan ASI eksklusif untuk menciptakan generasi Indonesia yang gemilang.

"Untuk ibu-ibu yang sedang menyusui, teruslah memberikan ASI kepada anak, karena ASI adalah makanan terbaik bagi mereka," kata dia.

Sementara itu, Ma'ruf juga meminta para suami yang istrinya tengah menyusui agar memberikan dukungan, baik moral maupun materil.

"Untuk para suami yang istrinya sedang menyusui, dukunglah istri Anda untuk dapat menyempurnakan pemberian ASI hingga anak berusia 2 tahun," ucap Ma'ruf Amin.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Ma'ruf Amin Wapres Indonesia Pemberian ASI ASI Untuk Generasi Bangsa

Berita Lainnya