Ekonomi

Ganjar Pranowo Punya Solusi Untuk Selamatkan UMKM di Jawa Tengah

Anas Baidowi - 12/08/2020 19:37

Beritacenter.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng punya cara tersendiri untuk selamatkan usaha mikro kecil menegah UMKM di Jawa Tengah dengan cara menciptakan "Gerakan UMKM menjahit masker kain" yang hasilnya akan dbeli oleh Pemprov Jateng.

Demi tercapainya program tersebut, Pemprov Jateng telah menyiapkan dana sebesar Rp 10 miliar untuk membeli masker buatan UMKM sebanyak 3 Juta masker.

"Ternyata UMKM banyak menjahit masker. Dengan kurang lebih dana Rp 10 miliar kita mendapatkan 2,6 juta masker kemudian kami bagikan ke masyarakat. Target sih 3 juta masker, tapi 2,6 juta oke lah,” ungkap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam Webinar Shopee Bersama UMKM, Rabu (12/8/2020).

Ganjar mengatakan, program ini bermula ketika terjadi panic buying masker medis sehingga stok di pasaran menjadi terbatas dan membuat masyarakat kesulitan dalam memperoleh masker tersebut. Bahkan harga masker sendiri naik berkali-kali lipat.

Maka dari itu masker jadi alternatif untuk menjawab persoalan tersebut. Bahkan Gubernur kondang tersebut telah berkonsultasi dengan para ahli kesehatan terkait penggunaan masker kain dalam mencegah penularan virus corona.

“Saya tanya ke dokter mereka bilang enggak apa-apa, Mas. Boleh pakai masker jahitan, satu lapis dua lapis kemudian di tengahnya di kasih tisu. Bisa saja itu sebagai kondisi darurat,” ujarnya.

Atas dasar itulah, Gerakan UMKM menjahit masker muncul.

Selain dapat menyelamatkan para UMKM yang diambang kebangkrutan, cara tersebut juga efektif untuk menekan tingkat penularan Covid-19 yang kian merebak.

“Ternyata UMKM jadi solusi,” tutupnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ganjar Pranowo Berdayakan UMKM UMKM Menjahit Masker Kain

Berita Lainnya