Kesehatan

Inilah Manfaat Konsumsi Coklat untuk Kesehatan Tubuh

Dewi Sari - 14/08/2020 16:32

Beritacenter.COM - Cokelat merupakan makanan yang digemari oleh kalangan anak - anak hingga orang dewasa.

Cokelat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Didalam cokelat mengandung kalsium, magnesium, natrium, zat besi, vitamin A, dan sedikit mengandung vitamin B

Berikut 5 manfaat konsumsi cokelat untuk kesehatan tubuh kita.

Mengatur Kadar Kolesterol

Cokelat mengandung antioksidan polifenol berupa flavonoid. Kandungan zat tersebut dipercaya mampu membantu turunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Begitu pula sebaliknya, cokelat dapat membantu meningkatkan kolesterol jahat. Oleh sebab itulah cokelat disebut sebagai mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat cokelat untuk kesehatan berikutnya adalah bisa membantu turunkan tekanan darah. Kandungan antioksidan di dalam cokelat mampu merangsang terbentuknya senyawa nitrat oksida di dalam tubuh.

Senyawa tersebut memiliki peran sangat penting untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga, tekanan darah bakal tetap normal.

Mencegah Diabetes

Mengonsumsi cokelat juga bisa mencegah diabetes. Penyebab penyakit tersebut akibat adanya gangguan sistem kerja pada hormon insulin.

Hasil penelitian American Journal of Clinical Nutrition, mengungkap, rutin mengonsumsi dark chocolate bisa tingkatkan sensitivitas insulin. Apabila sensitivitas insulin meningkat, kadar gula darah juga menjadi normal.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat cokelat untuk kesehatan juga salah satunya bisa menjaga jantung agar tetap sehat. Hal itu karena cokelat mampu turunkan jumlah kolesterol jahat, dan melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

Kalau aliran darah berjalan baik dan kadar kolesterolnya normal, maka risiko terkena penyakit kardiovaskular, baik serangan jantung maupun stroke akan berkurang.

Membantu Turunkan Berat Badan

Banyak yang beranggapan bahwa cokelat menjadi salah satu penyebab berat badan naik. Padahal, jenis cokelat tertentu justru bisa membantu menurunkan berat badan.

Cokelat yang diserap tubuh dalam waktu lama akan menimbulkan efek kenyang lebih lama juga. Jika Anda saat ini tengah menjalani proses penurunan berat badan, tak perlu takut lagi untuk mengonsumsi cokelat.

TAG TERKAIT :
Berita Center Cokelat Manfaat Konsumsi Cokleat Cokelat Kesehatan

Berita Lainnya