Kesehatan

Menakjubkan! Sejak Dulu 10 Buah Ini Dipercaya Bisa Cegah Kanker

Baharuddin Kamal - 15/08/2020 04:25
Ilustrasi.
FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM - Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Yuk, kita lakukan langkah-langkah pencegahan dengan sederhana dan ringan dengan, salah atunya melalui pola makan. Maklum, banyak penyakit yang sebenarnya datang dari kita sendiri. Kalau kita mau sedikit saja mengubah pola makan, banyak hal yang dapat kita selamatkan, termasuk dari terkaman kanker.

Salah satunya adalah rajin makan buah. Sebagaimana kita tahu, buah merupakan makanan yang kaya manfaat, salah satunya mampu mencegah kanker. Sering kali kita mengabaikan buah-buahan yang ada di sekitar kita. Namun, tahukah Anda ternyata ada beberapa buah yang ampuh dalam memerangi risiko kanker.

Kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian di banyak negara. Diperkirakan penderitanya akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang. Kanker juga merupakan penyakit yang sangat kompleks, dibutuhkan biaya besar dalam perawatan serta penyembuhannya.

Namun, kita bisa mencegah penyakit ini dengan mengatur pola makan yang baik. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang ampuh dalam mencegah kanker. Tetapi perlu Anda ingat, tidak semua buah mampu mencegah munculnya kanker.

Berikut adalah 10 buah pencegah kanker yang kami kutip dari Boldsky.

1. Tomat

Tomat mengandung lycopene, salah satu jenis antioksidan yang terbukti mempunyai sifat anti-kanker. Tomat dapat mencegah kanker perut dan usus sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan sehat di dunia.

2. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan serat. Kombinasi ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah munculnya kanker. Jeruk juga dikenal dengan kemampuannya mengurangi risiko kanker hati dan lambung.

3. Berry

Berry kaya akan antioksidan dan secara alami memiliki kemampuan untuk mencegah kanker. Kadar gula dalam buah ini kecil, jka dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Blueberry dan cranberry telah terbukti memiliki sifat antikanker yang cukup kuat.

4. Apel

Apel dapat membantu menjaga kesehatan mulut serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini mampu mencegah asma dan juga bekerja secara luar biasa dalam memerangi diabetes. Keampuhan apel dalam mencegah kanker dikarenakan komposisi mereka yang kaya flavonoid. Flavonoid ini merupakan salah satu elemen anti-kanker alami.

5. Anggur

Anggur adalah buah yang secara alami bermanfaat untuk melawan kanker. Anggur terkenal dengan kemampuannya untuk mencegah kanker perut dan usus besar. Buah ini mempunyai senyawa resveratrol, yang berfungsi mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh.

6. Alpukat

Beberapa penelitian medis baru-baru ini membuktikan potensi luar biasa dari alpukat. Buah ini dapat menanggulangi masalah pencernaan serta mencegah salah satu penyakit yang paling ditakuti seperti kanker. Alpukat juga kaya akan vitamin B6, C dan E.

7. Pisang

Pisang kaya akan kalium dan magnesium, kedua komponen ini sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Pisang berfungsi untuk membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Perlu diingat bahwa, gula adalah makanan bagi sel-sel kanker untuk terus berkembang, dan pisang dengan fungsinya mengatur kadar gula darah mampu mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

8. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin A, B dan E. Sama seperti Pisang, Pepaya juga berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh serta tekanan darah. Fungsinya itu membuatnya menjadi makanan antikanker alami.

9. Mangga

Mangga merupakan buah yang cukup manis, tetapi ketika dikonsumsi dalam jumlah terbatas, senyawa lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalamnya mampu mengurangi risiko kanker.

10. Delima

Buah delima adalah buah yang kaya akan tanin, komponen yang secara signifikan mampu membuang racun dari dalam tubuh manusia. Delima juga dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi risiko penyaki kanker darah.

TAG TERKAIT :
Berita Center Buah Berita kesehatan Manfaat buah

Berita Lainnya