Ekonomi

Jumlah Neobank dan Fintech Terus Bertambah, Industri Perbankan Harus Waspada

Anas Baidowi - 17/08/2020 14:16

Beritacenter.COM - Perkembangan teknologi yang pesat membuat industri perbankan harus behadapan dengan tantangan besar dari financial technology (fintech) dan neobank (challenger bank).

Perlu diketahui, neobank adalah bank yang beroperasi penuh secara digital, tanpa kehadiran kantor cabang. Neobank lahir dari aplikasi teknologi chatting atau aplikasi sosial media lainnya.

Mantan CEO Bank CIMB Niaga, Arwin Rasyid mengatakan bahwa perbankan harus waspada terhadap adanya fintech dan neobank yang kemungkinan akan merebak.

"Seperti Kakao Bank di Korea yang lahir dari KakaoTalk, Klarna Bank di Swedia yang lahir dari Shopping Apps ShopNowPayLater, WeBank di Tiongkok yang lahir dari WeChat. Bayangkan, betapa dahsyatnya jika Whatsapps yang memiliki dua miliar active users mendirikan neobank," kata dia, Senin (17/8/2020).

Menurut Arwin, tantangan dari neobank tidak boleh dianggap remeh. Di Eropa, bank konvensional harus kehilangan 2 juta nasabahnya disaat keberhasilan neobank menggaet 15 juta nasabah.

“Menghadapi dua tantangan utama perbankan dari fintech dan neobank, setidaknya ada tiga agenda besar yang harus dilakukan perbankan. Pertama, bank harus segera bersiap menyambut datangnya era 5G dan mengadaptasi berbagai teknologi digital yang relevan bagi peningkatan layanan perbankan," ucapnya.

Arwin berpendapat bahwa tranformasi digital pasti terjadi, oleh karena itu, bank harus berinovasi yang tak hanya berorientasi pada pertumbuhan aset, malainkan pada pengembangan konten juga.

“Bank hendaknya menyadari bahwa nasabah dalam situasi kehidupan yang semakin complexed and complicated ini akan selalu mencari alternatif yang nyaman, praktis, cepat dan aman dalam aktivitas perbankan mereka. Terlebih dalam situasi pandemi covid-19 saat ini, di mana digital services semakin menarik dibanding conventional services. Saatnya bank menyusun langkah strategis baru sebagai agenda besar bank ke depan,” ujarnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ekonomi Fintech Industri Perbankan Neobank

Berita Lainnya